Cara Mengamankan Akun Google dari Hacker

Cara Mengamankan Akun Google dari Hacker – Akun yang tak memiliki kemanan tinggi akan mudah di hack atau diretas oleh hacker. Hacker adalah orang yang mencuri akun password kita dengan mempelajari bug (kelemahan) dari keamanan akun. Artinya disetiap akun pasti memiliki celah yang dapat dimasuki oleh hacker sehingga bagian paling rahasia pun dapat diketahui oleh mereka tanpa disadari oleh pemilik akun. Pemilik baru akan menyadarinya setelah akun yang berhasil dihack di ganti password sehingga pemilik akun tersebut sudah tidak dapat mengakses lagi akun milik nya. Nah untuk dapat menanggulangi kemungkinan akun kita di hack, maka sebaiknya kita perlu meningkatkan keamanan akun kita. Ada beberapa instruksi yang telah Google sampaikan melalui halaamn suppport google yang bisa kalian lakukan untuk memaksimalkan tingkat keamanan akun. Menjaga keamanan akun agar tetap safe adalah prioritas utama. Kehilangan akun sama seperti kehilangan barang yang kita rasa penting. Terlebih diakun kita bisa jadi terdapat privasi kita dan juga hal-hal yang sangat rahasia.

Image from Google.com

Akun Google atau email (gmail) merupakan ‘jantung’ dari semua produk google karena berkatian langsung dengan Youtube, G+, Drive, Blogger, dan game-game yang terhubung dengan akun google. Jika kita kehilangan akun Google, berarti segala produk yang bersangkutan juga tidak akan dapat kita akses lagi. Nah itulah pentingnya akun untuk dijaga dengan aman. Sekiranya ada hal-hal yang mencurigakan mengenai masalah keamanan akun Anda, maka prioritaskan terlebih dahulu untuk mem’fix’ kan masalah tersebut, baru dapat menggunakan produk merek Google. Karena keamanan merupakan segala-galanya. So, pastikan agar menjaga akun Anda dari serangan hacker dengan menyimak tips bagaimana membuat akun Google kalian agar tetap aman berikut:

1. Mengganti Password Secara Berkala

Jika kita memiliki akun yang setiap saat login di berbagai device entah dari perangkat teman atau warnet, sebaiknya kita perlu mengganti akun kita secara berkala. Pasalnya akun yang sering di logged in melalui perangkat umum yang notabenenya tak hanya kita yang menggunakan dapat berpotensi menurunkan tinggkat keamanan akun. Password akun kita sangat penting, jadi jangan sampai orang lain bisa tahu karena ketika kita menggunakan perangkat lain selain perangkat kita sendiri maka terjadinya kemungkinan kita lupa untuk mengeluarkan akun sangat besar atau bisa saja ternyata perangkat lain tadi memiliki ekstensi browser yang menyimpan otomatis password akun user setiap kali login. Ini adalah tindakan preventih karena kemungkinan bisa saja hal-hal seperti yang sudah disebutkan terjadi. Nah untuk itu, silahkan kalian baca tuorial mengganti password akun Gmail disini.

2. Mengupdate Metode Pemulihan Akun

Pernah kah Anda lupa password login Anda? Jika iya cara apa yang biasa Anda lakukan untuk dapat masuk kembali? Yup, benar.. biasanya Anda akan diminta untuk memasukan nomor telepon atau email dan google akan mengirimkan kode pemulihan atau recover melalui telepon atau email tadi. Nah jadi inilah yang dinamakan metode pemulihan akun ada metode pemulihan melalui nomor telepon dan juga email. Nah pentingnya mengupdate informasi pemulihan akun juga sama pentingnya dengan mengganti password. Sebab jika kita kehilangan email atau nomor telpon sebagai pemulihan akun, maka akan susah bagi kita untuk bisa mengakses kembali akun. Bayangkan saja misalnya nomor telepon yang Anda gunakan sebagai pemulihan sudah tidak aktif, bagaimana Anda bisa mendapatkan kode pemulihan dari Google? Nah maka dari itu, pastikan nomor pemulihan ataupun email pemulihan tadi masih aktif dan jangan biarkan nomor dan email yang sudah tidak aktif tertera disitu. Pastikan jika tiba-tiba Anda mungkin mengganti kartu perdana yang Anda gunakan untuk terhung dengan akun, pastikan anda mengupdate nomor telepon  dengan nomor telepon yang baru pada akun pula. Cara mengupdate atau mengganti pemulihan nomor telepon atau email dengan mengunjungi link berikut: https://myaccount.google.com/ lalu lagukan pengupdetan pada bagian info pribadi dan privasi.

3. Memperhatikan Game atau Aplikasi yang Terhubung dengan Akun.

Jika Anda saat ini memainkan game yang membutuhkan koneksi dengan akun Anda maka berhati-hatilah dengan game-game atau aplikasi-aplikasi tersebut. Setiap kali kita mengkoneksikan akun dengan game atau aplikasi berarti kita membagiakn informasi penting akun kita. So pastikan game dan juga aplikasi yang Anda koneksikan tadi terpercaya. Disarankan untuk mengkoneksikannya saja dengan produk google atau game yang dikenal seperti game yang berasal dari playstore (telah bekerja sama dengan Google) dan hindari penggunaan aplikasi yang kurang terpercaya yang kalian dapat melalui dari luar Playstore (untrust app). Jadi jangan mudah terpengaruh dengan iming-iming aplikasi canggih yang bebas kita dapat melalui website-website tak resmi yang berekstensi apk. Bisa saja tujuan pengembang app atau game tersebut adalah untuk meretas akun atau membajak akun Anda. Kalian bisa mencek game dan aplikasi apa saja yang sedang terkoneksi dengan akun Anda disini: https://security.google.com/settings/security/permissions

4. Melihat aktivitas yang Terjadi Pada Akun.

Hari ini, kemarin, 2 hari yang lalu, seminggu yang lalu hingga sebulan yang lalu akan direkam oleh pencatat aktivitas untuk melihat dari mana serta perangkat mana saja Anda login dan juga aktifitas apa saja yang Anda lakukan pada akun Anda. Semua akan ‘terekam’ oleh pencatat aktivitas setiap kali kalian ‘bersentuhan’ (masuk) dengan akun Anda. Nah, biasanya ketika terjadi hal-hal yang mencurigakan pada akun Anda seperti misalnya tiba-tiba akun Anda diakses melalui perangkat yang mencurigakan (tak dikenali), yang berkemungkinan dapat membahayakan akun, maka Anda akan dikirimi email peringatan/pemberitahuan bahwa akun anda baru-baru ini diakses oleh perangkat yang tak dikenal. Namun jika anda jarang menerima notifikasi tersebut, apa salahnya Anda melakukan checking secara manual saja dengan melihat langsung apa-apa yang terjadi pada akun Anda dengan mengunjungi link berikut: https://myactivity.google.com/myactivity. Jika terdapat aktivitas yang tak wajar, silahkan ganti password Anda dan juga mengupdate pemulihan akun.

5. Menambahkan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah maksudnya adalah memasukan kode konfirmasi saat kita mencoba masuk ke akun kita. Jika biasanya kita cukup memasukan email dan password saat login, dengan memasang verifikasi 2 langkah, berarti saat login kita tidak hanya memasukan email dan password saja, melainkan kita juga disuruh memasukan kode konfirmasi yang dikirimkan ke nomor telepon kita saat pertama kali login. Memang terlihat cukup merepotkan, tetapi ini merupakan tindakan pencegahan yang benar-benar dapat menhindari akun dari log in yang tak diinginkan. Bisa jadi ada orang lain selain kita yang mengetahui email dan password akun kita namun mereka tidak dapat masuk ke akun kita karena google akan langsung meminta kode konfirmasi yang secara otomatis dikirimkan melalui nomor telepon pemilik akun. Tentu saja, orang yang mencoba masuk ke akun kita tidak dapat mendapatkan kode konfirmasinya karena kode konfirmasi tersebut terkirim ke nomor pemilik akun. Kalian bisa menambahkan verikasi 2 langkah melalui link berikut: https://myaccount.google.com/security/signinoptions/two-step-verification/enroll-welcome.