Belajar Mengetik 10 Jari Langsung Bisa!

32 views

Belajar Mengetik 10 Jari Langsung Bisa! – Sampai sekarang masih terbiasa mengetik 11 jari? Jangan khawatir, saya akan mengajarkan kalian bagaimana belajar mengetik 10 jari dengan cepat. Untuk mengetik 10 jari, kita membutuhkan latihan khusus berkaitan dengan pembiasaan. Jika kita sudah terlanjur terbiasa mengetik dengan 11 jari, maka saat ini juga kalian harus mulai menghilangkan kebiasaan tersebut dengan mencoba mulai mengetik 10 jari. Caranya bagaimana? Mari kita ikuti step by step cara mengetik 10 jari berikut ini:

1. Posisi Jari

Pada saat pertama kali, memang agak sedikit kesulitan. Sebab, beberapa jari kita seperti gajah, jari manis, dan kelingking kebanyakan masih kaku untuk difungsikan mengetik. Tapi percayalah, hanya diawal saja yang sulit lambat laun pasti akan lancar asal kita mau belajar dengan sungguh-sungguh.
Letakkan jari kalian seperti yang terlihat pada gambar berikut di papan keyboard. Dimana untuk tangan kiri, kelingking diletakan di tombol A, jari manis di tombol S, jari tengah di tombol D, jari telunjuk di tombol F, dan gajah ditombol spasi. 
cara mengetik 10 jari
Sedangkan untuk tangan kanan, kelingking diletakan di tombol : , jari manis di tombol L, jari tengah di tombol K, jari telunjuk di tombol J, dan gajah ditombol spasi. Spesial untuk jari gajah, yang kiri ataupun kanan itu terserah. Kita dapat menekan spasi dengan gajah tangan kanan ataupun kiri. Lalu tahan posisi tangan kalian hingga membentuk seperti ini:
cara mengetik 10 jari
Jadi seperti inilah posisi jari bagaimana mengetik 10 jari. Ok untuk itu kita masuk pada pembagian tugas setiap jari. 

2. Tugas setiap jari

Jika kita perhatikan pada posisi jari, maka akan muncul pertanyaan, apakah setiap jari yang sudah ditentukan penempatannya diatas hanya mencakup tombol-tombol itu saja? Tentu saja tidak.  Itu hnyalah posisi jari saja. Fungsi ditetapkan posisi jari adalah agar saat kita mengetik huruf lain, maka usahakan jari kembali lagi ke posisi aturan mengetik 10 jari seperti yang sudah kita lihat pada gambar diatas. Saat kita mulai mengetik, setiap jari akan berpindah dari posisi untuk menekan deretan tombol huruf lain yang berada diatas atau dibawahnya. Yang mana itu semua telah diatur pembagiannya seperti berikut:
cara mengetik 10 jari
Seperti yang terlihat gambar pembagian “daerah kekuasaan” oleh setiap jari yang sudah diberi warna diatas, kita bisa melihat dimana kelingking memiliki peran yang sangat banyak disini. Tak hanya untuk tombol A, ternyata tugas kelingking kiri adalah mencakup semua bagian yang beri warna merah muda. Begitupun jari manis, semua yang mencakup bagian berwarna kuning itu semua tombol-tombol huruf yang ditekannya. Jika kita perhatikan secara saksama, semua jari memiliki tugas untuk menekan tombol yang selurus dengan garis diagonal nya. Begitu pun jari-jari yang lain nya tanpa saya jelaskan satu persatu. Karena gambar diatas saya rasa cukup jelas untuk pembagian tugas setiap jari.

3. Mulai mengetik

Saat mulai mengetik, tidak boleh ada satupun jari yang keluar dari wilayah “kekuasaan” nya.  Apapun yang terjadi. Jika kalian mengetik banyak salahnya, maka biarkan kalian menghapus kata tersebut lalu menuliskannya kembali. Ingat, untuk menghapus harus menggunakan jari kelingking kanan. dan begitupun dengan tugas-tugas jari lainnya. Harus berdasarkan pembagian yang sudah ditetapkan. Tidak boleh dilanggar seperti misalkan jari telunjuk menekan tombol spasi.
Dalam proses belajar ini, seperti yang diutarakan diatas, kita akan mencoba menghilangkan kebiasaan mengetik 11 jari. Jadi mau salah atau benar, harus tetap mengetik 10 jari. Jika dipertengahan kalian merasa kesulitan untuk tetap mengetik 10 jari, maka saya menyarankan Anda untuk belajar mengetik 10 jari melalui aplikasi latihan mengetik 10 jari. 
cara mengetik 10 jari
Kalian bisa memainkan aplikasi tersebut secara online melalui link berikut: 10fastfingers.com/typing-test/indonesian. Memang susah karena saat ini kalian membutuhkan yang namanya pembiasaan. Jangan mudah putus asa, terus mengetik 10 jari hingga benar-benar bisa dan tidak ada lagi kesalahan penulisan kata. Terimakasih..