USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca? Ini Dia Solusinya..

USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca? Ini Dia Solusinya.. –  USB OTG tidak terdeteksi ketika mencoba menghubungkan flashdisk di Android menggunakan kabel OTG memang sering terjadi khususnya pengguna  Android Marshmallow, lollipop, nougat, serta merek hp Oppo, Samsung dan Xiaomi.  Penyebabnya adalah karena format sistem penyimpanan flashdisk yang kita coba hubungkan tidak cocok dengan smarphone sehingga flashdisk sulit untuk dibaca. Memang, notifikasi Android dan Flashdisk muncul, akan tetapi flashdisk tak dapat difungsikan.

Untuk mengatasnya kita membutuhkan sebuah PC untuk melakukan pengformatan pada flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan jenis format yang berbeda. Jika cara ini tidak berhasil, berarti memang smartphone Anda memang tidak support kabel OTG. Ok, langsung saja tanpa perlu berpangjang lebar berikut ini adalah cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Saat di Hubungkan pada kabel OTG di Android.

USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca? Ini Dia Solusinya..

Langkah 1:

USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca
Pertama-tama colokan falshdisk kalian ke PC, lalu klik kanan pada partisi yang muncul, setelah itu kalian klik kanan lalu pilih format.

Langkah 2:

USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca
Selanjutnya kalian ganti jenis file sistem dari NTFS ke Fat32 (default) kemudian klik Start. Oh iya, sebelum diformat, pastikan backup dulu data-data kalian yang ada didalam flashdisk agar tidak terhapus. Setelah proses format selesai coba kalian colokan flashdisk ke Android menggunakan OTG kembali, pemberitahuan errot pun sudah tidak akan muncul lagi..

Nah, pastikan sebelum kalian melakukan langkah-langkah diatas, patinya data-data kalian yang ada di flashdisk di amankan dulu atau di backup. Jangan sampai kalian melakukan format tetapi masih ada tersisa file penting Anda didalam. Yang pastinya semua orang sudah tahu, ketika ingin melakukan format, itu berarti kita akan melakukan penghapusan seluruh file yang ada di dalam flashdisk. Sebenarnya tidak perlu saya ingatkan lagi, akan tetapi beberapa orang ternyata masih ada yang awam mengenai permformatan flashdisk.  Nah, untuk memback up sendiri, kalian bisa menyimpan terlebih dahulu file-file penting kalian di penyimpanan komputer yang saat ini Anda gunakan untuk melakukan proses format.

Semoga berhasil!