Ucapkan Ok Google : Cara Mengaktifkan Google Assistant

Ucapkan Ok Google untuk Mengaktifkan Google Assistant – Baru-baru ini Google kembali menyediakan fitur baru bernama Google Assistant berfungsi untuk memudahkan para pengguna mesin pencari dalam melakukan pencarian tanpa harus mengetikan kata kunci. Cukup ucapkan ok google di smartphone Android kalian maka fitur google assistant ini secara otomatis akan berjalan dan mulai mendengarkan perintah apa yang hendak dicari dari Anda.

Namun saat ini ternyata masih ada juga yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur Ok Google ini. Sebab, memang fitur Google Assistant umumnya secara default tidak aktif pada Android tetapi harus dilakukan proses pengaktifan terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa fitur Google Assistant tidak berjalan disemua jenis Android. Android yang mendukung Ok Google ini harus memenuhi persyaratan yakni sistem operasi androidnya harus Android versi 5.0 (lollipop) dan diatasnya seperti Marshmallow, Nougat dan Oreo. Lalu smartphone Android Anda harus memiliki RAM diatas 1.5 GB serta resolusi layar 720p.

Jika persyaratan diatas sesuai dengan kriteria smarphone yang Anda gunakan saat ini, maka kalian bisa mengikuti cara mengaktifkan Google Assistant dimana cukup ucapkan ok google saja untuk melakukan pencarian. Jika Anda belum mengaktifkan fitur ini, ketika Anda ucapkan Ok Google di smartphone kalian, maka tidak akan terjadi apa-apa sebab harus diaktifkan dulu dengan melakukan konfigurasi pada pilihan pencarian.

Cara mengaktifkannya cukup mudah kalian bisa mengikuti step by step berikut ini bagaimana cara mengaktifkan fitur ucapkan ok google atau Google Assistant di Android selengkapnya berikut ini:

Cara Aktifkan Fitur Ucapkan Ok Google atau Google Assitant

1. Pertama-tama Anda harus berada dihalaman depan smartphone Anda. Lalu Anda klik tombol home.

Ucapkan Ok Google untuk Mengaktifkan Google Assistant

2. Lalu Anda secara otomatis akan di arahkan ke Google Assitant. Pilih opsi Lainnya kemudia klik Setelan.

Ucapkan Ok Google untuk Mengaktifkan Google Assistant

3. Kemudian pilih Assistant Google.

4. Kemudian kalian klik pilihan slide Assistant kamudian pilih Telepon.

5. Selanjutnya aktifkan pilihan Asisten Google dan juga Akses dengan Voice Match hingga menjadi hijau.

Pada saat Anda mencoba mengaktifkan pilihan Akses dengan Voice Match kalian akan dialihan ke pengenalan suara yang mana suara Anda akan direkam. Lalu Anda disuru mengucapkan “Ok Google” sebanyak 4x.

Ucapkan Ok Google untuk Mengaktifkan Google Assistant

Nah pastikan pada langkah terakhir ini, Anda mengucapkan Ok Google sebanyak 4x masing-masing dengan nada yang berbeda agar Google Assistant lebih familiar dengan suara Anda. Jika sudah selesai semua, maka Anda sudah bisa menggunakan fitur ini. Cara nya Anda klik saja lagi tombol home atau katakan ok Google lalu sambung dengan hal yang ingin Anda tanyakan atau ingin Anda cari maka secara otomatis fitur google assitant akan mendeteksi suara Anda dan siap melakukan pencarian.