Tutorial Lengkap Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG

Tutorial Lengkap Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG – Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpan data yang bisa dibawa kemana-mana (portable). Kita juga dapat menggunakan hardisk eksternal dalam fungsi yang sama akan tetapi ukuran hardisk tidak sekecil flashdisk sehingga lebih mudah jika di isi dalam kantong. Penggunaan flashdisk antara lain bisa di colokan pada komputer, speaker, dan segala perangkat supported USB. Hampir semua kelas smarphone android telah support dalam melakukan transfer dengan flashdisk. Memang tidak terdapat colokan flashdisk (port usb) pada smarphone namun agar dapat terhubung kita harus menyediakan kabel USB OTG. Dipasaran (toko komputer) harganya cukup terjangankau sekitar 25-30 ribu rupiah per kabel dengan panjang hanya sekitar 10 cm dan dengan warna yang bervariasi.  Kabel ini berfungsi sebagai penghubung (connector) antara port kabel data/charge smarphone dengan port USB.

Sebelum Mentransfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG, penting bagi kita untuk memastikan apakah smartphone ataupun OS sudah support kabel OTG atau belum. Karena dibeberapa merek HP masih ada yang belum support, begitu juga dengan OS smartphone di bawah Android versi 4.  Alangkah baiknya sebelum membeli kabel USB OTG, kita melakukan uji coba dahulu di toko komputer di tempat kita membeli agar tidak membuang-buang waktu untuk melakukan pengembalian.  Nah ada lagi kasus lain, yakni merek smartphone dan OS sudah support, namun di OS tidak terdapat File Manager. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memcahkan masalah smartphone yang tidak punya file manager tersebut untuk melakukan transfer melalui flashdisk:

Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG

Langkah 1:

Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG
Pertama-tama silahkan kalian hubungkan flashdisk dan smarphone melalui kabel OTG. 

Langkah 2:

Cara OTG support di Android
Lalu kalian cari di playstore aplikasi ES File Explorer File Manager. Kemudian instal lalu jalankan.

Langkah 3:

Mengatasi kabel USB OTG tidak support di Android
Buka aplikasi ES File Explorer File Manager, maka kalian akan melihat 3 macam penyimpanan yakni penyimpanan telepon, kartu memori, dan USB. Karena sudah keliatan, silahkan lakukan Transfer File dari/ke Flashdisk di Android seperti biasa. Semoga membantu!