Tutorial Lengkap Cara Membeli Barang Secara Online

123 views

Hari ini kita akan membahas bagaimana cara membeli barang online. Masih ragu berbelanja online? Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada situs yang benar-benar terpercaya untuk melakukan pembelian barang secara Online.

Salah satu situs yang saya rekomendasikan buat Anda adalah Lazada.com.  Lazada merupakan situs yang menjual berbagai macam jenis barang, mulai dari pakaian, barang elektronik, makanan, minuman, produk perawatan, dll.

Lazada juga sudah dikenal masyarakat luas karea reputasi pelayanannya yang sangat memuaskan pelanggan. Sejauh ini saya sudah dua kali melakukan transaksi di Lazada dan hasil nya benar-benar memuaskan.

Waktu Pertama kali memang sempat ragu untuk berbelanja online karena kita harus mentransfer uang dulu baru kemudian barangnya dikirim. Anda juga pasti khawatir bagaimana jika barangnya tidak sampai sementara uang sudah ditransfer.

Maka untuk yang pertama kali, saya mencoba membeli barang online yang harga nya murah untuk memastikan apakah pembelian secara online itu aman atau tidak. Dan.. setelah saya mencoba memesan, ternyata pesanan saya terima tepat pada hari yang sudah ditetapkan dan kualitas barang pun sesuai dengan yang saya harapkan.

Lalu saya mencoba memberanikan diri lagi untuk memesan kedua kalinya dengan membeli barang yang harganya lebih tinggi. Dan Ternyata hasilnya sama, benar-benar tak mengecewakan. Malahan, Justru dengan berbelanja online itu lebih memudahkan. Selain harga terjangkau kualitas barang pun terjamin.

Untuk itu pada tutorial ini, saya akan menuntun teman-teman bagaimana cara membeli barang dari situs Lazada.com. Tutorial ini disajikan untuk teman-teman yang masih sangat awam yang belum pernah melakukan pembelian barang secara online. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1 :

Kunjungi situs Lazada dengan langsung mengklik link berkut ==> Lazada.co.id. Pada kolom pencarian, ketik barang yang akan dibeli:

Langkah 2:
beli barang online
Setelah muncul hasil pencarian, klik salah satu barang yang ingin Anda beli.

Langkah 3:
cara belanja barang online
Pada tahap ini, silahkan Anda melihat perview barang. Jika sudah, klik “Beli Sekarang”.

Langkah 4 :
tutorial beli barang online
Oh iya, Anda bisa memesan lebih dari satu barang sekaligus dalam sekali pesan. Silahkan Anda memilih jenis barang yang lain nya jika masih ingin berbelanja lagi. Jika saat ini Anda memang hanya ingin membeli satu barang saja, maka lanjutkan dengan mengklik “Konfirmasi Pesanan”.

Langkah 5:
cara membeli barang online
Karena Anda baru pertama kali berbelanja di Lazada, maka centag pilihan “Pelanggan baru”, Lalu masukkan email Anda, kemudian klik “Lanjutkan”.

Langkah 6:
membeli barang di lazada
Silahkan lengkapi form alamat Anda disisi sebelah kiri. Khusus untuk kolom “Alamat”, jangan sampai salah dalam mengisi. Cukup isikan nama jalan dan nomor rumah Anda. Tambahkan pula nama Kelurahan bila perlu.

Disisi sebelah kanan, silahkan cek detail orderan Anda apakah sudah sesui dengan yang diajukan. Disitu kamu akan melihat lamanya pengiriman dan juga biaya tanbahan untuk pengiriman barang. Jika dirasa sudah fix, silahkan klik “Lanjutkan”.

Langkah 7:
cara beli barang online
Pilih opsi pembayaran yang menurut Anda mudah. Sebagai contoh, disini saya akan menuntun Anda melakukan pembayaran melalui pilihan “Bank Transfer” (Transfer melalui ATM). Pilih ATM yang Anda gunakan untuk mentransfer. Misalkan ATM Bersama. Lalu Masukan nama Pengirim sesuai yang ada di buku rekening kartu ATM yang Anda gunakan. Lalu klik “Konfirmasi Pesanan”.

Langkah 8:
cara mudah membeli barang online

Biarkan halaman tersebut terbuka, kemudian transfer uang nya melalui ATM. Pastikan sebelum Anda pergi ke ATM, silahkan Anda catat dulu Kode bank, No rek tujuan, Nomor orderan barang, dan jumlah pembayaran sesuai yang tertera diatas. Atau Anda juga bisa langsung memotret/mencapture halaman tersebut biar lebih mudah. Ikuti langkah-langkah pembayaran diatas. Nah. jika sudah ditransfer, simpan bukit pembayarannya. Setelah itu Anda kembali ke halaman tersebut, lalu klik lagi “Konfirmasi Pembayaran” (Pilihannya ada di bagian paling bawah).

Catatan : Batas waktu pembayaran selama 24 jam.

Langkah 9:

Silahkan Anda lengkapi form diatas sesuai dengan data-data yang baru saja Anda lakukan. Khusus untuk pilihann “Upoad bukti transfer” Anda foto saja bukti pembyaran Anda lalu unggah. Jika semua sudah di isi dengan lengkap, klik “Kirim”. Silahkan Anda tunggu barang Anda di antarkan ke alamat rumah Anda kira-kira 3-5 hari sesuai dengan lama pesanan yang tertera.

Langkah 10:

Anda bisa melakukan control terhadap barang pesanan anda, seperti menanyakan sudah dimana posisi barang dan informasi lalin yang Anda butuhkan, dengan cara mengklik “Lacak Pesanan” (lihat di pojok kanan atas) lalu isi email dan nomor orderan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengontrol terus barang pesanan Anda selama di perjalanan. Dijamin, barang pasti sampai ketempat tujuan.