Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul

Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul – Pada kesempatan ini saya akan mengshare tutorial Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul. Siapa sih yang tidak kenal dengan software Internet Download Manager (IDM) yang terkenal dengan kecepatan downloadnya ini. Bagi semua pengguna PC pasti tak lengkap rasanya jika belum menginstal software download manager satu ini.

Apakah kalian pernah mengalami masalah tombol download pada Internet Download Manager yang tidak muncul? Tombol IDM yang tidak muncul sering di alami ketika kita sedang mendownload video Youtube. Secara normal, ketika kita membuka video apa saja yang ada di Youtube, secara otomatis pilihan tombol download juga akan muncul. Pilihan tombol download ini biasanya muncul dibagian kanan atas video Youtube yang hendak di tonton atau di download.

Akan tetapi ada juga memang video Youtube yang tidak dapat didownload seperti Youtuber yang sudah bekerja sama dengan pihak Youtube agar konten nya dilindungi. Jika kita menemui video yang dilindungi seperti ini, jelas  tombol download IDM tidak akan muncul. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika kita ingin mendownload video yang tidak dilindungi tetapi tombol download IDM tetap tidak muncul.

Nah ada juga kasus lain seperti ketika kita ingin mendownload suatu file dari internet, yang biasanya langsung dialihkan ke dialog pilihan download menggunakan IDM kini malah terdownload secara otomatis melalui browser. Kekurangan jika mendownload hanya menggunakan browser adalah sering terjadi pembatalan download saat browser terclose secara tiba-tiba. Tentu sayang sekali jika tombol download IDM tidak muncul lagi.

Jika seperti itu berarti ada yang perlu di setting pada pengaturan IDM yang terinstall di PC Anda atau memang ada yang salah dengan versi IDM yang Anda gunakan saat ini. Jika sudah mengganti IDM ke versi yang lain tetap saja tombol download IDM tidak muncul, maka kita harus melakukan pengecekan pada ekstensi IDM yang terpasang pada browser Anda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu penyebab Mengatasi Tombol Download IDM Tidak Muncul  dan cara mengatasinya berkut:

1. Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul dengan Mengganti IDM ke versi yang lebih baru

Jika saat ini kalian menggunakan versi IDM lama cobalah mengupdatenya ke versi yang lebih baru. Biasanya web browser Anda tidak compatible dengan IDM versi lama. Dengan mengganti versi ke yang lebih baru mudah-mudahan masalah tombol download IDM tidak akan muncul lagi. Tetapi jika kalian sudah melakukan cara ini, kemudian masih saja tidak muncul maka kalian perlu menyimak Mengatasi Tombol Download IDM Tidak Muncul  yang kedua.

2. Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul dengan Melakukan Setting pada IDM

Apabila cara nomor satu memang tidak berhasil, kalian bisa mencoba cara yang kedua yaitu dengan melakukan settingan pada IDM. Umumnya ketika melakukan setting pada IDM kita lebih fokus pada pengaturan download lalu mengecek browser apa saja yang diperbolehkan untuk bisa dimunculi tombol download IDM.

Kadang settingan default yang ada kebetulan tidak mengizinkan browser yang sedang kita gunakan saat ini. Untuk mengatasinya mari simak cara melakukan seting pada IDM untuk mengizinkan browser yang kita gunakan saat ini agar dimunculi tombol download IDM:

1 Pertama-tama kalian buka IDM kemudian klik menu Downloads lalu pilih Options.

2. Selanjutnya kalian mencentang semua daftar browser yang ada. Jika kalian melihat kebetulan browser yang anda gunakan saat ini tidak tercentang, itu berarti yang menyebabkan mengapa tombol download tidak muncul.

Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul

Jika seandainya cara diatas juga tetap tidak berhasil kalian selanjutnya dapat mencoba cara terakhir yang sangat powerfull dan saya yakin ini bisa mengatasi tombol download IDM yang tidak muncul.

Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul dengan Menginstal Ulang Ekstensi IDM

Apakah kalian tahu apa itu ekstensi IDM? Ekstensi IDM adalah penghubung antara sofware IDM dengan browser kalian. Setiap PC yang terinstal IDM maka secara otomatis IDM akan meminta untuk diintegrasikan atau dihubungkan dengan setiap browser agar dapat berjalan pada browser itu sendiri.

Error yang terjadi paga ekstensi IDM bisa berdampak pada tombol download yang tidak muncul. Nah, untuk mengatasinya kita bisa melakukan re-instal pada ekstensi ini.

1 Pertama-tama kalian perlu menghapus dulu ekstensi lama IDM yang terpasang saat ini pada browsr Anda. Cara nya klik kanan pada ikon IDM yang terdapat dipojok kanan atas browser lalu pilih Remove from Chrome.

2. Selanjutnya kalian mencari lagi IDM Integration Module yang lain yang bisa kalian download melalui web chrome. Untuk mengakses web chrome kalian bisa mengunjunginya disini. Kmeudian kalian klik tombol Add to Chrome untuk memasang ekstensi IDM Integration Module.

Mengatasi Tombol Download IDM yang Tidak Muncul

Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan selesai. Jika sudah, maka coba restart browser dan IDM Anda. Dijamin, masalah tombold download yang tidak muncul akan teratasi. Selamat mencoba mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.