Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

79 views

Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong– Pernahkah Anda mendapat notofikasi memori internal penuh padahal masih kosong? Padahal Anda merasa  tidak ada aplikasi besar yang terinstall yang membuat memori cepat penuh.  Umumnya ini terjdi pada HP samsung j2 prime dan samsung j5.

Saat mencoba menginstal sbuah aplikasi tetapi tiba-tiba muncul pemberitahuan “tidak cukup ruang”alias memori internal android tiba tiba penuh. Hal ini sebabkan ruang penyimpanan internal di Android Anda sudah penuh maka untuk mengatasi memori internal penuh ini adalah menghapus beberapa aplikasi standar atau yang tidak digunakan.

Namun, masalahnya semua aplikasi lain yang akan dihapus dari hasil download playstore masih kita gunakan. Maka solusinya adalah dengan menghapus aplikasi standar Android yang hampir sama sekali tidak kita gunakan, seperti aplikasi Drive Google, Email, Power Point dll. Namun perlu diperhatikan, saat menghapus, kita tidak hanya sekedar hapus akan tetapi mrnghapus hingga ke akar-akarnya agar sisa-sisa file bekas app tidak tertinggal di penyimpanan internal. Nah berikut cara menghapus secara bersih aplikasi standar:

Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Langkah 1:

memori internal penuh padahal masih kosong
Silakan kalian pergi ke pengaturan lalu pilih Aplikasi.

Langkah 2:

kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit
Hapus aplikasi yang jarang digunakan atau yang tidak pernah sama sekali digunakan. Sebagai contoh misalnya disini saya akan menghapus aplikasi Google Drive.

Langkah 3:

 memori internal android tiba tiba penuh
Selanjutnya kalian pilih Penyimpanan.

Langkah 4:

memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi
Selanjutnya pilih HAPUS DATA.

Langkah 5:

cara mengosongkan memori internal android tanpa root
Nanti akan muncul notifikasi seperti ini, silahkan klik saja HAPUS.

Langkah 6:

cara menghapus memori sistem
Nah, kemudian Anda kembali ke tampilan sebelumnya, barulah sekarang kalian klik tombol NONAKTIFKAN (hapus).

Langkah 7:

 cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh
Terakhir, saat muncul notifikasi seperti diatas, silahkan klik saja OK. Nah, sekarang aplikasi standar yang memakan ruang pun telah terhapus. Cari lagi aplikasi lain yang menurut Anda tidak pernah digunakan kemudian lakukan cara yang sama seperti diatas dengan begitu Anda tidak akan mendapati lagi notifikasi memori penuh.

Tak hanya sampai disitu saja, ada lagi masalah lain yang sering menyebabkan memori cepat penuh, yakni pembaruan otomatis apps. Untuk spesifikasi smarphone rendah sebaiknya tidak mengaktifkan fitur ini sebab cukup memakan ruang yang besar. Setiap aplikasi pasti meminta untuk diupdate. Maka jangan heran jika tiba-tiba ruang penyimpanan internal semakin berkurang tanpa sepengetahuan. Untuk itu, mari ktia lihat bagaimana cara menonaktifkan auto update Android.

Langkah 1:

 cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh
Silahkan buka Playstore Anda, lalu klik tombol di pojok kiri atas seperti yang terlihat pada gambar.

Langkah 2:

Terbukti Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android Tanpa Root 100% Berhasil!!

Selanjutnya scroll kebawah, lalu klik Setelan.

Langkah 3:

memori internal android penuh sendiri
Nah pada setelah Umum, kalian pilih Perbarui aplikasi secara otomatis.

Langkah 4


Terakhir, silahkan pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis. Ok sampai disiti saja, sekarang ruang penyimpanan Anda sudah tidak cepat penuh lagi. Semoga bermanfaat!