Mengatasi Masalah Hak Cipta pada Video Youtube

62 views

Mengatasi Masalah Hak Cipta pada Video Youtube – Permasalahan hak cipta atau copyright memang sering dialami para penggunggah video di Youtube. Biasanya secara tidak sadar, kita telah melakukan pelanggaran hak cipta. Lagu-lagu dan potongan video yang kita gunakan pada video yang kita upload di Youtube biasanya mengandung hasil karya cipta orang lain. Youtube sangat menghargai hasil jerih payah orang lain dengan mengaktifkan aturan copyright. Maka kita bisa bayangkan bagaimana jika tak ada copyright di Youtube, pasti orang-orang akan seenaknya saja melakukan reupload.

Baca juga : Cara Nonton Youtube tanpa Buffering (Loading)

Pelanggaran hak cipta sendiri sering terjadi pada audio dan visual. Yang mana teradapat kemiripan audio atau visual (gambar clip) pada video yang telah kita upload dengan lagu atau clip hasil karya orang lain. Maka untuk menghindari copyright, kita jangan pernah menggunakan hasil clip ataupun musik yang memiliki copyright. Sebenarnya boleh saja menggunakan karya orang lain, asalkan clip atau audio tersebut tidak diclaim menggunakan hak cipta, artinya bebas digunakan oleh siapa saja. Namun jika di klaim menggunkan hak cipta, maka jangan coba-coba untuk menggunakannya, karena bisa saja akan di disable oleh pihak Youtube. Nah berikut ini merupakan trik yang bisa Anda lakukan ketika Anda ternyata tak sadar telah dinilai melakukan pelanggaran hak cipta di Youtube, maka video tersebut pun tak bisa di monetize atau bahkan ditayangkan. Maka lakukan langkah-langkah berikut:

Mengatasi Masalah Hak Cipta pada Video Youtube

Langkah 1:

video bebas hak cipta
Pertama-tama buka video manager Anda lalu tentukan salah satu video yang bermasalah hak cipta. Lalu klik pada tulisan Mencakup konten berhak cipta.

Langkah 2:

cara agar video youtube tidak dicekal
Kemudian kalian akan melihat detail bagian yang mengalami pelanggaran hak cipta. Sebagai contoh disini ternyata konten visual kalian mengandung hasil karya orang lain dari durasi menit ke 0:56 hingga 1:40. Jadi pada kasus ini, kita akan menghilangkan/menghapus bagian yang memiliki hak cipta tersebut.

Langkah 3:

cara mengatasi masalah audio copyright di youtube
Maka kalian klik tombol ikon gunting yang berada pada pojok kanan bawah seperti yang terlihat pada gambar.

Langkah 4:

cara membuat hak cipta di youtube
Silahkan kalian hapus durasi yang bermasalah tadi berdasarkan detail yang kalian lihat pada langkah kedua. Kalian bisa menyesuaikan nya dengan menggeser bagian yg bermasalah dan tidak, lalu kalian klik Selesai. Nah ini membutuhkan waktu sekitar 10-20 untung proses editing oleh pihak Youtube hingga akhirnya status copyright pada video kalian hilang. Untuk yang memonotize videonya, pastikan aktifkan kembali pilihan monotize setelah melakukan langkah-langkah diatas. Ok, itu saja, semoga bermanfaat!