Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan – Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips bagaimana mengatasi laptop lemot saat dihidupkan. Kalian pasti sering mengalami ketika baru saja menghidupkan laptop tiba-tiba saja lemot atau lambat loading sebelum bisa digunakan. Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi laptop lemot saat dihidupkan kita perlu mengetahui apa penyebab laptop lemot saat dihidupkan.

Laptop lemot disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang secara otomatis terbuka pada saat laptop akan dihidupkan. Contoh sederhananya seperti ini, jika kalian menginstal antivirus smadav maka smadav akan terbuka secara otomatis untuk mengscan partisi tanpa sepengetahuan kita saat laptop mulai dijalankan.

Ini adalah salah satu contoh aplikasi yang terbuka pada saat laptop dihidupkan. Pertanyaannya, bagaimana jika bukan hanya smadav saja tetapi ada juga aplikasi lain yang terbuka tanpa sepengetahuan kita? Tentu ini sangat membebani PC atau laptop kita ketika mulai dijalankan.

Untuk dapat membautnya normal kembali maka kita harus membatasi aplikasi yang terbuka pada saat laptop mulai dihidupkan. Untuk membatasi atau mengatur mana aplikasi yang boleh dan tidak berjalan saat start up kita dapat mengandalkan fitur administrative tools. Nanti saya akan jelaskan bagaimana mengaturnya.

Kedua, Laptop lemot ketika dihidupkan disebabkan karena partisi C sudah penuh. Partisi penuh dapat menyebabkan “sesak” pada saat laptop memproses sesuatu apalagi ketika melaukan start up. Hal ini disebabkan karena sudah banyak file sampah yang tidak pernah dibersihkan dan akhirnya menumpuk. Untuk menghapus file sampah tersebut agar partisi C kembali “legah” kita harus melakukan pembersihan disk clean up pada partisi C.

Nah itulah tadi penyebab mengapa Laptop Lemot Saat di Hidupkan, untuk itu mari kita masuk pada pemecahan masalah tentang Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan berikut ini. Simak baik-baik agar tidak ada step yang terlewatkan!

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan menggunakan Administrative Tools

1.  Pertama-tama kalian klik ikon windows lalu di kotak search kalian ketikan “Administrative tools”. Kemudian klik saja hasil pencarian yang muncul yakni administrative tools.

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan

2.  Nanti kalian akan menjumpai berbagai macam software administrative tools. Kalian buka software System Configuration.

3. Selanjutnya kalian klik tab Startup. Lalu hilangkan semua aplikasi yang tercentang. Itu adalah daftar software yang membuat proses loading berat saat laptop mulai dihidupkan. Lalu klik Apply kemudian OK. Anda tak perlu khawatir, ini tidak membuat software tersebut terhapus atau teruninstall. Lalu Anda harus merestart laptop Anda.

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan

Nah, itulah tadi Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan. Namun jika cara tersebut tidak berhasil membuat start up laptop Anda menjadi kencang, alias masih lemot saat dihidupkan maka saya menyarankan Anda untuk melakukan cara yang kedua yaitu dengan membersihkan partisi C dari file sampah. Mari kita simak:

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan dengan Membersihkan Partisi C

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jika partisi C penuh maka akan berdampak pada kinerja laptop atau PC terlebih pada saat laptop akan dihidupkan. So, berkut adalah cara bagaimana mengatasi laptop lemot dengan membersihkan paritisi C:

1. Pertama pada menu explorer kalian meng klik kanan pada partisi C. Kemudian kalian klik Properties.

2. Selanjutnya kalian klik tombol Disk Cleanup. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses cleaning selesai. Biasanya ini membutuhkan beberapa menit setelah kalian mengklik tombol Disk Cleanup.

Mengatasi Laptop Lemot Saat di Hidupkan

3. Kemudian kalian akan melihat file-file sisa yang tertinggal dari berbagai jenis folder. Tugas kalian adalah menghapusnya dengan mencentang semua folder dan file yang ada. Kemudian pilih OK. Kemudian kita nanti akan diminta konfirmasi, klik saja Delete Files.

Nah, itulah tadi cara-cara bagaimana mengatasi laptop lemot saat dihidupkan. Seharusnya komputer atau laptop kalian sudah tidak lemot lagi saat dihidupkan setelah melakukan cara-cara diatas. Jika memang masih belum teratasi, kalian bisa langsung membawa laptop kalian ke tempat service karena biasa nya disebabkan oleh kerusakan fisik dari perangkat laptop Anda. Mudah-mudahan tulisan diatas bermanfaat dan selamat mencoba.