Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

110 views

Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas – Hari ini saya akan membagikan tutorial kepada Anda tentang bagaimana cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas. Foto yang dihasilkan oleh kualitas kamera smartphone bagus akan menghasilkan ukura/size gambar yang besar. Biasanya kamera smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus adalah jenis smartphone yang memiliki pixel tinggi pada kameranya.

Keunggulan memililki smartphone berpixel tinggi akan menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Namun, perlu diketahui bahwa persoalan yang sering dihadapi oleh smartphone berkamera bagus adalah masalah penyimpanan. Tiap kali melakukan jepret hitungan persize foto rata-rata diatas 1 MB bahkan ada yang hingga mencapai 5 MB.

Jika kita melakukan jepret sebanyak 100 foto maka itu akan memakan penyimpanan kita sebanyak 500 MB. Belum lagi di msartphone kita, tidak hanya digunakan untuk menyimpan foto saja, melainkan masih ada file-file lain yang kita miliki. Selanjutnya masalah lain yang sering dialami ketika mengkoleksi foto-foto berukuran besar adalah file nya yang berat saat dimuat. Biasanya dibeberapa smartphone, pesan error akan muncul ketika mencboa memuat atau melakukan preview pada foto berukuran berat.

Hal ini terjadi karena memang disetiap smartphone memiliki sepesifikasi yang berbeda-beda. Ada smarphone yang kuat dan ada pula yang tidak untuk melakukan preview. Smartphone yang sering memunculkan pesan error ketika mencoba memuat foto berukuran berat adalah smartphone keluaran lama. So, agar dapat dibuka dsecara normal, maka kita harus membukanya di smartphone keluaran terbaru yang memiliki spek diatas.

Kasus lain yang biasa terjadi juga adalah pesan error yang kita temui ketika mencoba membuka gambar dari hasil shoot kamera dslr atau mirrorless. Hasil foto yang dihasilkan oleh dslr dan mirroless sangat tinggi jadi akan memakan space yang besar hingga mencapai 5MB keatas. Dibeberapa smartphone bahkan smartphone dengan spek diatas tidak dapat membuka foto karena spesifikasi smartphone tidak kuat untuk memuat. Agar dapat dibuka, kita perlu mengompress atau mengecilkan ukuran gambar tadi menjadi lebih kecil seingga dapat dimuat dengan normal. Adapun Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas adalah sebagai berikut:

Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

  1. Pertama-tama kalian download dan install terlebih dahulu aplikasi bernama Photo Compress dari playstore.
  2. Selanjutnya kalian pilih Gallery untuk mencari mana foto yang ingin di perkecil ukurannya.
  3. Lalu pilih salah satu gambar Anda yang ingin diperkecil pada list.
  4. Lalu pada bagian Compress Image, kalian dapat memilih Quick Cmpress atau Compress. Perbedaanya adalah Quick Compress adalah sekali klik langsung melakukan compress, sedangkan pada Compress, selanjutnya kita dapat mengatur kualitas kompresan. Dalam hal ini, kita pilih Compress agar bisa mengatur ukuran sesuai keinginan.
  5. Nah, silakan kalian geser ke kiri dan kekanan untuk mengatur kualitas hasil kompress yang kalian mau, jika sudah jangan lupa tap tombol Compress untuk memulai proses pengecilan gambar.
  6. Selanjutnya kalian akan melihat sendiri hasil dari ukuran asli dan ukuran setelah diperkecil. Sangat berbeda jauh bukan? Bdw untuk dapat mengakses gambar, silakan kalian buka pada menu Galeri lalu kalian akan melihat hasil kompresannya disana.

Nah, itulah tadi tutorial bagaimana cara Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman semua yang mencoba untuk Memperkecil Ukuran Foto di Android Tanpa Mengurangi Kualitas gambar. Jika menurut kalian tutorial diatas bermanfaat, jangan lupa dibagikan disosmed agar orang lain dapat merasakan juga manfaatnya, sekian.