Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar Android

Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar di Android – Pada kesempatan ini, saya akan membagikan tips bagaimana Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar di Android.

Membuka dua aplikasi sekaligus secara bersamaan memang tidak bisa dilakukan di Android karena selain layar yang begitu kecil juga kekuatan ram smartphone yang tak sekuat laptop atau PC.

Kegiatan menjalankan kedua aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut multi tasking sering kita jumpai hanya pada laptop atau PC. Karena jika dilihat dari segi ukuran, layar yang lebar pada PC cocok untuk multitasking dan juga kekuatan cpu nya memang mendukung.

Berbeda dengan smartphone, smartphone tidak bisa digunakan untuk tugas berat seperti ini. Kita tidak menemukan fitur untuk melakukan multitasking di Android.

Jikalau ada, kebanyakan Android akan menjadi panas atau kinerjanya akan menurun. Sebab Android didesan untuk menjalankan aktivitas yang ringan. Meskipun begitu, Android bisa melakukan minimize app.

Jadi kita bisa membuka banyak aplikasi tapi harus dibuka secara berurutan. Keuntungan adanya fitur minimize aplikasi ini supaya kita tidak harus merestart aplikasi yang telah dibuka.

Nah, untuk menyiasati Android yang tak memiliki fitur multi tasking, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi agar dapat menjalankan 2 aplikasi sekaligus di satu layar yaitu mendownload aplikasi yang memiliki fitur split layar.

Sebagai contoh, kalian bisa menjalankan aplikasi whatsapp sambil menonton Youtube dengan layar displit/dibagi menjadi 2 bagian yaitu layar bagian atas dan bawah.

Penasaran, baik langsung kita masuk saja selengkapnya pada tutorial tentang Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar di Android dengan mudah menggunakan aplikasi.

Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam Satu Layar di Android

  1. Download dulu aplikasi bernama Split Screen dari playstore. Lalu install dan jalankan. Setelah terbuka appnya, kalian geser pilihan split screen menjadi aktif.
  2. Lalu pada izin akseseibilitas, kalian tap aplikasi Split Screen.
  3. Lalu geser untuk menyetujui pilihan gunakan layar.
  4. Lalu pilih saja Long press on (menekan tombol dengan lama). Ini adalah cara bagaimana Anda mengaktifkan fungsi split screen.
  5. Selanjutnya kalian pilih tombol mana yang nantinya akan mengaktifkan fungsi split screen. Sebagai contoh disini kita akan menjadikan tombol overview/menu untuk mengaktifkan split screen
  6. Nah, sekarang mari kita mulai menggunakan fungsi split screen. Pertama kalian buka dulu salah satu aplikasi, dalam hal ini misalnya WA. Kemudian kalian tap tombol overview/menu selama 2 detik, kemudian kalian pilih salah satu aplikasi dalam hal ini misalnya Youtube. Maka kalian akan melihat Dua Aplikasi berjalan Sekaligus Dalam 1 Layar di Android.

Nah itulah tadi cara bagaimana Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar di Android. Cukup mudah bukan? Semoga tutorial tadi bermanfaat dan saya ucapkan selamat mencoba. Jika kalian suka tutorial diatas, kalian bisa mengklik share agar semakin banyak orang lain yang mengetahui cara Membuka Dua Aplikasi Sekaligus Dalam 1 Layar di Android. Terimakasih.