Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membeli HP Android

beli android

Sebelum membeli HP Android, ada kalanya anda terlebih dahulu memikirkan dan mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan HP Android yang akan dibeli. Jika anda tahu kelebihan dan kekurangan pada HP yang akan Anda beli, anda akan bisa menaksir harga sepantasnya HP Android tersebut.

Jangan sampai di akali penjual

Jika kita tak memiliki pengetahuan tetang HP Android yang akan kita beli, kita bakal menjadi sasaran empuk kenakalan pedagang. 
Mereka seenaknya akan mematok harga yang tinggi untuk Android berharga murah kepada pembeli awam yang tak memiliki pengetahuan sama sekali tentang spesifikasi HP Android.
Jadi, penting bagi anda untuk mengenali dan menganalisa spesifikasi dari HP Andorid agar anda tidak menjadi korban penipuan.
Bayangkan jika harga HP yang memiliki low price tiba-tiba di jual dengan high price, tentu saja sangat merugikan Anda.

Pastikan spesifikasi sebanding dengan harga HP.

Adapun spesifikasi dari HP Android terdiri dari kapasitas memori (penyimpanan), processor, ram, kualitas kamera, jenis jaringan yang didukung, ketahanan baterai dan sistem operasi yang digunakan.
Semua itu merupakan bagian penting yang sangat perlu sekali anda perhatikan bukan karena besar kecil ukuran HP.Sebelumnya, pada setiap HP Andorid memiliki spesifikasi yang berbeda. 
Kadang ada memorinya tinggi tapi processor di bawah standar, atau sebaliknya. Kadang ada juga memori dan processor rendah tapi kualitas kamera tinggi. Dan ada lagi kualitas kamera, processor, dan memorti tinggi tetapi ketahanan baterai kurang.

Membeli berdasarkan kebutuhan

Baik, jadi sebelum kita membeli HP Android, pastikan jenis HP yang akan di beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu di perhatikan sebelum membeli HP andorid sesuai dengan kebutuhan atau keperluan Anda.

1. Untuk Internetan

Jika kamu hobi membaca berita online, membuka jejaring sosial, nonton youtube, chatting dan melakukan segala keperluan lain yang berkaitan dengan intrenet, sebaiknya belilah HP Android yang mendukung jenis jaringan 3G atau 4G. 
Jika HP yang akan Anda beli sudah mendukung kedua fitur jaringan ini, anda tidak perlu khawatir tentang masalah lambat loading, sudah pasti kualitas jaringan mu tidak diragukan.Untuk perbandingan kecepatan sendiri, HP yang mendukung 4G jauh lebih kencang daripada 3G. 
Tetapi kebanyakan HP yang sudah memiliki kapasitas 4G ini jauh lebih mahal. Jadi, jika kamu tak mampu membeli HP yang mendukung 4G, yang hanya mendukung 3G pun sudah cukup. Adapun hampir semua HP Android sudah mendukung 3G. Namun HP yang sudah mendukung 4G masih sangat sedikit. Nah, berikut  beberapa contoh nya:
  • IVO V5 (Rp. 1.900.000.-)
  • ZTE V9820 (Rp. 3.000.000,-)
  • Sony Xperia T2 Ultra D5303 ( Rp. 3.500.000,-)
  • Sony Xperia C3 D2533 (Rp. 3.699.000,-)
  • Lenovo Vibe Z K910 (Rp. 3.850.000,-)
  • Samsung Galaxy Mega 2 SM-G7508 (Rp. 3.800.000,-)
  • Sony Xperia Z LTE C6603 (Rp. 4.000.000,-)

2. Untuk Gaming.

Bermain game membuthkan kapasitas Processor dan RAM yang tinggi. Apalagi untuk game-game berat.Agar di HP Android yang kamu gunakan game nya dapat berjalan mulus, sebaiknya beli lah HP Android yang memiliki kapasitas Processor dan RAM yang tinggi.

Processor adalah sebuah mesin yang bekerja untuk melakukan pemrosesan data. Jika kualitas Processor nya diatas, maka kecepatan memproses data pun akan semakin cepat. Processor yang berkapasitas dual-core atau quad-core sangat ideal untuk keperluan gaming. Sedangkan RAM merupakan penyimpanan sementara pada HP. Tugas RAM adalah tempat menyimpan game atau aplikasi yang sedang berjalan.
Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin sanggup pula menampung game-game dan aplikasi yang berat. Kapasitas yang ideal itu kira-kira 1-2 GB GHz. Berikut merupakan beberapa merek HP yang terbilang cukup bagus untuk kapasitas gaming dengan harga paling murah:

Xiaomi Redmi 2 Pro 
Harga : 1,8 jutaan
Ram  : 2GB RAM
Processor  : Quad-core 1.2 GHz

Xiaomi Redmi Note 2

Harga : 2,2 jutaan
Ram : 2 GB
Processor /: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

Xiaomi Redmi Mi3 
Harga : 2,1 jutaan
Ram : 2 GB
Processor: Quad-core 2.3 GHz

Lenovo a6010

Harga : 1,9 jutaan
Ram : 2 GB
Processor : Quad-core 2.3 GHz

ASUS Zenfone 5

Harga : 1,8 jutaan
Ram : 2 GB
Processor : Dual Core 1,6 G.Hz

(sumber: http://www.kopiandroid.com/)

3. Untuk Jepret atau Mengambil gambar.

Ini biasanya buat teman-teman yang suka narsis di depan kamera. Agar hasil gambar yang dihasilkan tak mengecewakan, sebaiknya belilah HP Android yang kualitas kameranya diatas 8 Megapixel khususnya kamera belakang. 
Jika kurang dari itu, hasil gambar akan kurang maksimal. Melihat kualitas kamera depan juga perlu. Karena saat ini, kamera depan sudah sangat begitu populer dan cocok digunakan untuk selfie daripada kamera belakang.
Selain itu, pastikan juga memiliki fitur blitz agar sewaktu-waktu kondisi pencahayaan kurang kita bisa mengaktifkan fitur blitz ini. Dan yang terakhir, pastikan juga sudah mendukung autofocus wajah, biar hasil gambar wajah orang yang difoto nanti jelas, dan tak terlihat seperti di blur. Berikut merupakan beberapa merek HP yang terbilang lumayan murah dengan kualitas kamerah terbaik, entah itu kamera depan ataupun belakang.

Himax Polymer Octa Core

Harga : Rp. 1.999.000, –
Kamera Belakang : 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, 1080p@30fps
Kamera Depan : 5 MP

Samsung Galaxy Grand Prime

Harga: Rp. 2.600.000, –
Kamera belakang : 8 MP, 3264 x 2448 pixels, CMOS, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, Video 1080p@30fps
Kamera Depan: 5MP

Xiaomi Redmi Note

Harga: Rp. 1.999.000, –
Kamera Belakang: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, 1080p@30fps

Advan Barca 5
Harga: Rp. 1.999.000, –
Kamera Belakang: 8 Megapixel, Autofocus, LED Flash, Smiled Detection, Voice Command, Video
Kamera Depan : 5 MP
(sumber : http://ulashape.com/)

4. Untuk Digunakan Seharian

Memilih kualitas baterai HP termasuk dalam sesi yang paling penting. Percuma HP canggih tapi cepat lowbet. Agar HP bisa digunakan seharian tentu diperlukan juga kapasitas penampung strom yang besar. 

HP Android dikenal juga sebagai jenis HP yang sangat boros energi. Agar anda bisa menggunakan HP Andorid hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari tanpa takut low, sebaiknya pilihlah HP yang kapasitas baterainya diatas 3000 mAh. Berikut merupakan jenis HP Android paling murah dan memiliki kapasitas baterai diatas 3000 mAh:

Mito A68 Fantasy Power

Harga : Rp 900 ribuan.
Baterai : 4000 mAh

Alcatel Flash Plus

Harga : Rp 1.9 jutaan
Baterai : 3500 mAh

Evercoss Elevate Y Power

Harga : Rp 1.5 jutaan
Baterai : 4250 mAh

Lenovo A5000

Harga : Rp 1.7 jutaan
Baterai : 4000 mAh

5. Untuk Diinstali Aplikasi Terbaru

Biasanya HP Android tidak mendukung beberapa jenis aplikasi dikarenakan permasalahan sistem operasi yang  terinstal tidak kompatibel (tidak cocok) dengan aplikasi, khususnya aplikasi-aplikasi terbaru. Apa itu sistem operasi? Sistem operasi (Operating System) adalah program utama yang berjalan di HP. Jika kamu menggunakan sistem operasi lama, bisa di pastikan android mu tidak akan bisa di instal aplikasi terbaru. Pastikan anda membeli OS HP Android di atas versi 4.0. Saat ini Android rata-rata sudah memiliki versi di atas  4.0, yaitu : 

  • Jelly Bean (Android versi 4.1 – 4.3)
  • KitKat (Android versi 4.4)
  • Lollipop (Android versi 5.0)

Kesimpulan

  1. HP harus sesuai dengan harga. Jangan mau ditawari HP Android yang memiliki spesifikasi dibawah tetapi harganya mahal. 
  2. Beli HP sesuai dengan kebutuhan Anda.  
  3. PERHATIKAN spesifikasi, yaitu kapasitas memori (penyimpanan internal/eksternal), processor, ram, kualitas kamera, jenis jaringan yang didukung, ketahanan baterai dan sistem operasi yang digunakan.
  4. Mahal-murah tentukan oleh spesifikasi HP. Semakin tinggi atau bagus kapasitas maka sepantasnya pula harganya mahal. Sekian..