Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas

Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas– Baik pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara setting Android Agar Tidak Lemot dan Cepat Panas. Android lag atau biasa disebut lemot terjadi disebabkan oleh dua hal yakni karena terlalu panas (lama digunakan) dan karena spesifikasi smartphone Android Anda memang rendah. Mari kita bahas satu persatu:

Android Lemot disebabkan terlalu panas

Ketika kita bermain game berat seperti PUBG dan Mobile Legend, smartphone Anda akan bekerja keras dalam hal ini adalah processor. Processor adalah bagaian yang memproses dan bertanggung jawab tentang masalah grafis. Kedua game tersebut PUBG dan ML merupakan contoh game grafis yang mana saat dijalankan akan membuat processor HP bekerja keras.

Processor yang bekerja keras inilah yang menghasilkan panas pada HP. Jika processor sudah terlalu panas secara berlebihan maka akan terjadi yang dinamakan overheat atau kelebihan panas sehingga menyebabkan handphone menjadi nge-lag. Hal ini terjadi jika kita bermain game grafis non-stop tanpa memberi waktu istirahat pada handphone untuk membuatnya kembali pada suhu normal.

Jika kita terlalu memaksakan smartphone kita selalu dalam posisi panas seperti ini, kemungkinan smartphone kita performa nya akan menurun atau biasa disebut sering lemot atau ngelag.

Sebenarnya HP kita tidak akan lemot yang penting pada saat kita tahu sudah lumayan lama bermain game sekitar 2-4 jam, maka sebaiknya kita berhenti dan mendinginkan dulu smarphone kita. Jika tidak, bukan hanya ngelag yang akan terjadi, akan tetapi akan terjadi koslet (kadang IC terbakar) pada mesin smartphone Anda.

Hal lain yang dapat menyebabkan Android lemot karena cepat panas adalah melakukan aktivitas yang berat di smartphone kemudian sambil dicharge. Dalam hal ini bukan hanya processor yang mengeluarkan panas, akan tetapi baterai pun ikut mengeluarkan panas + usia baterai tidak akan bertahan lama.

Jika sudah banyak perangkat yang mengalami overheat, maka pasti akan terjadi yang namnya koslet. So pastikan kalian menghindari hal ini. Ketika kita mencharge aturannya adalah saat ia sudah memintah untuk dicharge maka biarkan Anda bermain game hingga smartphone Anda lowbet lalu kemudian Anda berhenti bermain dan baru charge smartphone Anda.

Android Lemot Karena Spek HP Memang Rendah

Pertanyaan sederhana, bisakah smartphone dengan ram 1 atau 2 GB digunakan untuk bermain game grafis? Jawabannya bisa saja (ya kalau bisa) akan tetapi game yang Anda mainkan akan mengalami tampilan patah-patah atau biasa disebut nge-frame. Produsen smartphone sengaja memajang smartphone beserta jumlah RAM nya yang mengandung arti bahwa kemampuan penampungan untuk bermain game hanya sebesar itu.

Perlu kalian ketahui bahwa ram dan    processor pada handphone selalu beriringan. Maksudnya, ketika ram smartphone Anda rendah maka kualitas processor Anda pun juga ikut rendah. Karena tidak mungkin produsen smartphone memasarkan smartphone yang memiliki processor kualitas tinggi dengan RAM yang rendah. Artinya apa, ketika kita ingin membeli smartphone, pastikan sesuai dengan kebutuhan kita. Jika ingin digunakan untuk gaming, maka carilah yang memiliki spesifikasi diatas.

Misalnya pastikan ram nya lebih dari 2 GB. Kalau dibawah dari itu, itu tandanya kita memaksakan handphone yang tidak seharusnya digunakan untuk gaming malah kita paksa untuk melakukan aktivitas yang berat. Saat membuka aplikasi yang ringan saja sudah lemot apalagi mau main game PUBG dan ML?!

Nah itulah tadi beberapa penyebab mengapa smartphone Anda lemot. Untuk memaksimalkan smartphone Anda atau istilahnya kita menggunakan tenaga tambahan yang selama ini kita tidak pernah gunakan yang ada pada smartphone. Untuk selengkapnya, simak tutorial tentang Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas:

Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas

1.Pertama-tama kalian ke menu Telephone lalu ketikan *#9900#. Maka kalian dialihkan ke tampilan Sysdump.

Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas

2. Kemudian kalian scroll kebawah lalu cari dan tap pada opsi Debug Level Disabled/Low.

3. Maka akan muncul 3 pilihan untuk level debug. Pastikan kalian memilih yang paling maksimal yaitu High untuk performa tertinggi.

4. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses pemaksimalam Debug level selesai. Kemudian secara otomatis smatphone Anda akan merestart dengan sendirinya. Kalian cukup tunggu saja hingga hidup kembali dan Anda coba gunakan untuk beraktivitas kembali smartphone Anda. Dijamin, nge lag pun akan hilang.

Nah itulah tadi tutorial tentang Cara Setting Android Agar tidak Lemot dan Cepat Panas mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman semua. Oh iya, jangan lupa baca juga artikel terkait yaitu: Settingan PUBG Agar Tidak Lag, Atasi Tampilan Patah-Patah.