Cara Scan KTP, KK, Ijasah, Foto, dll di HP Sendiri

Cara Scan KTP, KK, Ijasah, Foto, dll di HP Sendiri – Pada kesempatan ini saya akan menunjukan bagaimana Cara Scan KTP, KK, Ijasah, Foto, dll di HP Sendiri.

Scanning dilakukan menggunakan alat bernama scanner. Untuk mendapatkan alat ini, kita bisa membelinya di toko komputer terdekat atau dengan membeli nya secara online. Ada banyak sekali merek-merek scanner yang beredar. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan budget kita.

Umumnya printer dengan harga 600 ribuan keatas sudah menyediakan fitur scanner. Daripada hanya membeli scanner, lebih baik membeli printer yang sudah dilengkapi dengan scanner.

Ketika melakukan scanner, kita memasukan gambar atau dokumen penting seperti ijasah, foto, ktp, KK berbentuk hard file untuk dijadikan soft file agar memudahkan kita untuk mengirim file-file tersebut secara online atau diarsipkan bila itu dokumen atau gambar penting.

Namun, saat ini kita tidak hanya dapat melakukan scan melalui scanner di PC atau laptop, melainkan kita dapat memanfaatkan hp atau smartphone untuk melakukan scanning. Pasti kalian bertanya-tanya bagaimana mungkin smartphone bisa bertindak sebagai scanner?

Jadi untuk melakukan scan pada hp, kita akan memanfaatkan kamera pada smartphone. Semakin bagus kamera hp maka semakin bagus pula kualitas gambar scan yang dihasilkan.

Tentunya hasil dari scan di smartphone dan alat scanner berbeda. Hasil scan di scanner jauh lebih baik karena alat tersebut dicipatakan hanya untuk melakukan scan sedangkan smartphone didesain untuk keperluan komunikasi.

Jika kalian tidak ingin repot dan mengeluarkan biaya pergi ke percetakan untuk mengscan dokumen, sebaiknya kalian lakukan saja sendiri dengan memanfaatkan smartphone.

Meskipun hasilnya tidak sebagus alat scanner, paling tidak hasil scan dismartphone tidak jelek-jelek amat. Hasil nya juga sebenarnya lumayan bagus apalagi jika smartphone kalian memiliki pixel yang bagus.

Nah, untuk itu, berikut ini adalah tutorial bagaimana Cara Scan Foto di HP Android Sendiri Tanpa Printer yang bisa Anda coba tanpa harus menyediakan printer scanner atau pergi ke pencetakan:

Cara Scan KTP, KK, Ijasah, Foto, dll di HP Sendiri

  1. Pertama-tama kalian download dulu aplikasi bernama CamScanner. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur tepi gambar agar lurus dan memperterang gambar seperti efek scan asli.
  2. Setelah itu, kalian foto terlebih dahulu ktp, ijasah, kk, dll yang hendak di scan. Kemudian kalian klik kirim.
  3. Lalu kalian pilih aplikasi CamScanner.
  4. Secara otomatis aplikasi akan menyesuaikan secara otomatis tepian dari gambar. Lalu kalian atur sendiri ukurannya dengan menekan titik-titik disekitar tepian gambar. Jika sudah, klik tombol centang.
  5. Lalu secara otomatis gambar akan dipertajam dan diberi efek layaknya hasil scan dari alat scanner. Kalian bisa memilih efek lain sesuai keinginan Anda. Jika sudah, lalu klik centang. Selesai, kalian telah berhasil mengscan dokumen penting kalian dari hp.

Itulah tadi cara bagaimana Cara Scan KTP, KK, Ijasah, Foto, dll di HP Sendiri tanpa menyediakan scanner, pc atau laptop. Dengan menggunakan cara ini, mudah-mudahan teman-teman tida perlu kebingungan lagi jika ada dokumen penting yang harus discan. Karena kalian tidak perlu lagi pergi ke pencetakan untuk mengscan dokumen melainkan cukup dengan hp sendiri saja semua masalah teratasi. Sekian, semoga bermanfaat!