Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP)

79 views

Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll) – Hari ini saya akan menunjukan bagaimana Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll). Cara print dari HP khususnya Android sangat mudah dilakukan.

Yang kita tahu bahwa melakukan print dokumen hanya bisa dilakukan melalui PC saja. Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi, kini kita juga bisa melakukan print dokumen melalui smartphone atau hp saja. Keunggulan menggunakan melakukan print melalui hp adalah karena kepraktisannya.

Praktis karena kita tidak perlu membawa laptop atau pc kita kemana-mana untuk melakukan print. Dimana ada printer, disitu kita dapat melakukan print kapanpun dimanapun. Kelebihan lain kita juga tidak perlu menginstall driver print dari merek print tertentu karena pada hp secara otomatis dapat melakukan print tanpa perlu driver.

Untuk melakukan print, kita membutuhkan perangkat pendukung yang namanya kabel OTG yang berfungsi sebagai konektor antara USB smartphone dan USB sambungan ke printer. Kabel OTG ini bisa kita dapatkan dari toko aksesoris hp terdekat atau bisa kalian beli secara online. Harganya bervariasi mulai dari 5-10rb rupiah.

Kabel OTG bentuknya seperti USB berfungsi sebagai konektor/pengkonversi ukuran lubang USB printer yang besar diubah menjadi kecil agar dapat dihubungkan dengan smartphone. Kabel OTG tidak hanya digunakan untuk melakukan Print Dari HP tetapi bisa juga digunakan untuk Transfer File dari/ke Flashdisk di Android, Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android, dan masih banyak lagi.

Nah, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini saya akan sajikan kepada Anda tutorial bagaimana Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll) dengan mudah tanpa ribet. Ikuti langkah-langkahnya dengan cermat agar tidak ada yang terlewati ketika mengikuti tutorial Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll) berikut ini:

Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll)

  1. Pertama-tama kalian sambungkan smartphone dan printer dengan menggunakan kabel OTG.

  2. Lalu kalian download aplikasi bernama Mobile Print dari Playstore. Kemudian install dan jalankan.
  3. Lalu akan muncul notifikasi izin untuk mengakses USB. Silakan Anda centang pilihan “Gunakan perangkat USB…..” lalu pilih Oke.
  4. Selanjutnya kalian pilih dimana file dokumen yang ingin di print. Misalnya file kalian berada didokumen, maka klik dokumen lalu cari dimana letak nama file kalian.
  5. Selanjutnya kalian centang halaman dari file dokumen apakah itu pdf, word, dll yang ingin di print. Jadi yang tercentang adalah yang akan diprint dan yang tidak dicentang adalah halaman yang tidak akan diprint. Lalu tap tombol Print.
  6. Sebelum proses printing, akan muncul merek dan tipe print yang sedang terhubung. Kalian tap pada merek dan tipe print tersebut. Maka proses printingpun akan berlangsung.

Itulah tadi tutorial tentang Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll), mudah-mudahan menambah wawasan kita semua, saya ucapkan selamat mencoba semoga tidak terdapat kendala ketika mengikuti tutorial tentang Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, dll) diatas. Terimakasih.