Cara Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android

62 views

Cara Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android – Hari ini saya akan menunjukan bagaimana Cara Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android. Menghubungkan hardisk eksternal ke Android harus menggunakan connector.

Connector yang perlu disediakan untuk menghubungkan kedua perangkat ini yang paling umum digunakan adalah connector berjenis OTG. Connector OTG ada yang menggunakan kabel dan tidak. Untuk yang tidak menggunakan kabel biasanya cukup disebut “conektor OTG” sedangkan yang menggunakan kabel disebut “kabel OTG”.

Untuk mendapatkan kabel OTG sendiri kalian bisa membelinya di toko komputer terdekat atau di aksessoris smartphone. Alternatif lain, kalian dapat membelinya secara online. Adapun harga dari kabel OTG berkisaran antara 5rb sampai 15rb-an.

Coba Anda bayangkan bagaimana mungkin colokan USB hardisk eksternal bisa masuk di lubang USB smartphone yang ukurannya terlalu kecil. Maka dari itu, salah satu fungsi dari OTG adalah mengkonversi colokan USB yang besar tadi menjadi kecil agar dapat dihubungkan dengan smartphone.

Hampir semua smartphone saat ini dapat dihubungkan dengan kabel OTG. Namun, ada juga beberapa handphone yang tidak dapat terhubung. Umumnya jenis smartphone keluaran terbaru khususnya Android sudah bisa.

Untuk memastikan apakah smartphone Anda mendukung kabel OTG, kalian cek kembali spesifikasi smartphone Anda yang tertera pada belakang dos atau di buku manual smartphone Anda. Pastikan pada spesifikasi konektifitas terdapat “USB On-The-Go”.

Jika tidak terdapat tulisan USB On-The-Go berarti smartphone Anda belum mendukung connector/kabel OTG. Namun, bila dos atau buku manual smartphone Anda sudah hilang, kalian bisa melakukan pengecekan di internet sesuai tipe smartphone Anda.

Adapun permasalahan lain yang sering muncul adalah ketika smartphone kita telah mendukung kabel OTG tetapi tidak dapat mendeteksi atau terhubung dengan kabel OTG. Maka dari itu, saya telah menulis artikel sebelumnya tentang Cara Mengatasi Kabel OTG yang Tidak Terdeteksi untuk mengatasinya.

Nah, Cara Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android sebenarnya cukup mudah selama teman-teman mempersiapkan alat dan bahannya seperti kabel data / USB dan connector/kabel OTG serta hardisk dan smartphone yang akan dihubungkan.

Cara Menghubungkan Hardisk Eksternal ke HP Android

  1. Pertama-tama kalian perlu menginstall aplikasi Microsoft exFat/NTFS for USB.
  2. Selanjutnya silakan kalian hubungkan antara hardisk eksternal, kabel USB, konektor OTG, dan Smartphone.
  3. Lalu jalankan aplikasi Microsoft exFat/NTFS for USB. Setelah itu klik tombol Mount.
  4. Selanjutnya kalian akan diminta untuk login ke akun google atau facebook. Kali ini kita akan mencoba login menggunakan akun google.
  5. Bila sudah berhasil login, kalian klik tombol Open.
  6. Lalu kalian akan diminta untuk menginstall aplikasi file manager bawaan aplikasi Microsoft exFat/NTFS for USB. So kalian klik Open Google Play.
  7. Lalu kalian install aplikasi Total Commander agar dapat mengakses file dari hardisk eksternal. Lalu jalankan.
  8. Nah kemudian kalian klik Microsoft exFat/NTFS for USB.
  9. Lalu kalian klik folder yang bernama merek hardisk kalian masing-masing. Dalam hal ini adalah Seagate.
  10. Setelah itu kalian akan melihat semua file-file yang ada didalam hardisk eksternal kalian. Seperti biasa, kalian bisa melakukan modifikasi data seperti memindahkan, menghapus, merename, dan membuka file-file didalam seperti foto, video, dokumen, dll.