Cara Menambang Bitcoin dengan PC Gratis untuk Pemula

26 views

Cara Menambang Bitcoin dengan PC Gratis untuk Pemula – Siapa bilang menambang bitcoin harus menggunakan spesifikasi PC yang tinggi? Ternyata kalian yang hanya memiliki spek PC pas-pasan juga dapat menambang bitcoin lho. Buktinya saya saat ini masih melakukan mining dengan menggunakan PC yang memiliki spek pas-pasan yaitu dengan menggunakan laptop merek HP intel core i5, ram 4 Gb dan hanya terinstal grafis standar atau bawaan.

Ya, semua pasti tahu bahwa untuk menambang bitcoin pada umumnya harus menggunakan PC spek dewa. Jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari menambang maka kita juga harus siap menyiapkan pc dengan spesifikasi yang tinggi. Jika spek PC kita pas-pasan, yaa berarti hasil nya juga pas-pasan. Makanya banyak orang tidak menyarankan untuk menambang bitcoin dengan PC spek dibawah.

Pertanyaan yang sering muncul dibenak para miner baru yang baru mengenal mining bitcoin, apa sih yang terjadi jika kita menambang dengan menggunakan PC spek dibawah? Lalu seperti apa hasilnya nanti, memuaskan atau tidak? Baik saya akan menjawabnya. Ingat, saya bukan masternya yah, tetapi saya disini ingin membagikan pengalaman saja selama saya melakukan mining dengan spek PC pas-pasan atau bisa dibilang low spek.

1. Efek terhadap PC/Laptop

Saat kita melakukan mining, maka laptop kita akan bekerja keras. Hal ini dapat membuat laptop menjadi cepat panas dan boros energi. Karena yang biasanya kita menggunakan laptop hanya untuk internetan, mengetik, dengar musik yang tidak terlalu menguras energi atau membuat laptop panas, jika kita nanti melakukan mining maka hanya dalam beberapa menit laptop Anda akan menjadi sangat panas.

Tak jarang, jika laptop Anda hanya memiliki kipas bawaan yang standar maka akan mengalami yang namanya overheat (panas berlebihan) sehingga laptop akan mengalami mati paksa secara tiba-tiba. Ibaratnya, jika kalian adalah seorang editor video atau film maker, selama kalian melakukan mining selama itu pula kalian sedang melakukan rendering pada suatu video atau film di laptop kalian. Kalian bisa bayangkan bunyi kipas processor kalian akan meningkat 2x lipat dari biasanya.

Nah, diatas tadi adalah pengalaman saya menggunakan laptop merek HP dengan spek core 15 dan ram 4Gb. Saya kadang harus menghidupkan laptop saya kembali setelah mengalami overheat dengan cara menunggu beberapa saat hingga laptop sudah kembali dingin. Maka dari itu, saya tida bisa membayangkan jika Anda menggunakan laptop atau PC dibawah dari spek laptop saya.

Jika kalian saat ini memiliki spesifikasi laptop misalnya processor celeron, ram dibawah 4, dan hanya memiliki grafis standar saya sangat tidak menyarankan untuk melakukan mining. Kalau memang masih tetap ngotot ingin tetap mining dengan spek dibawa, ya harus siap resikonya kalau begitu. Siap laptopnya overheat dan siap kalau laptopnya mati tiba-tiba.

2. Bicara Pendapatan

Nah diatas tadi adalah penjelasan mengenai efek yang akan ditimbulkan jika menggunakan PC standar. Nah, sekarang mari kita membahas tentang pendapatan dari menambang bitcoin menggunakan PC standar atau low spek.

Diatas adalah jumlah pendapatan saya menambang menggunakan browser crypto tab di laptop saya selama 3 hari non-stop. Kalian perhatikan baik-baik bagian yang saya beri tanda nomor.

 

 

 

Nomor 1:  adalah kecepatan menambang. Semakin kalian naikan, maka semakin cepat pula ia akan menambang dan semakin boros dan cepat panas pula laptop Anda.

Nomor 2: Adalah jumlah pendapatan Anda saat ini yang sudah terkumpulkan. Kalian bisa lihat berapa btc yang kalian sudah dapatkan saat ini dan dibawahnya juga kalian bisa melihat berapa dollar sudah yang terkumpulan dari hasil konversi BTC ke dollar usd. Disitu terlihat pendapatan saat ini adalah 0,000000476148 btc atau jika di ubah ke dollar adalah $0,0024.

Nomor 3: Adalah jumlah pendapatan affiliasi Anda karena mengajak orang. Semakin banyak orang yang Anda ajak melalui link yang Anda bagikan kemereka, maka Anda akan mendapatkan bonus dari setiap aktivitas menambang sekian persen yang mereka dapatkan.

3. Saatnya Hitung-hitungan

Nah, sekarang mari kita hitung-hitungan. Sekarang saya minta Anda perhatikan secara saksama pada nomor 2 yakni jumlah pendapatan saat ini. Seperti yang saya katan sebelumnya, bahwa ini adalah jumlah mining selama 3 hari. 3 hari baru menhasilkan $0,0024? Gila, kapan kayanya!? Pasti diantara kalian pasti ada yang berfikir seperti itu. Nah maka saya hanya mau bilang, ya memang seperti itu. Karena kita menambang dengan menggunakan PC spek dibawah. Sekarang pertanyaanya, apakah itu setara dengan kerja keras laptop/pc kalian? Well, itu non stop lho, laptop kalian tanpa istirahat. Bayangkan???  Kalian baru bisa menghasilkan satu dollar setelah saya hitung-hitung nanti Anda sudah menambang selama 1250 hari. Wtf???? Yaking masih mau menambang dengan laptop low spek?? Sebaiknya fikirkan lagi.

 

Kesimpulan

Sekarang sudah paham kan mengapa para miner senior tidak menyarankan Anda untuk melakukan tambang di PC sendiri? Yaa.. jawabannya karena menambang menggunakan PC sendiri dengan spek pas-pasan kurang menghasilkan profit. Yang ada malah laptop kita yang rusak karena nonstop lalu sering panas. Makanya jika kalian liat perusahaan-perusahaan mining mereka memiliki PC yang modelnya beda sama pc pada umumnya. Karena PC yang mereka gunakan memang PC untuk mining yang memiliki spesifikasi diatas. Makanya tidak heran jika banyak yang bilang bahwa menambang menggunakan PC sendiri bisa menyebabkan PC meledak. Dan itu memang fakta. PC bekerja dan cepat panas sebenarnya tidak masalah, yang penting hasil nya juga memuaskan. But, jika hanya memanaskan PC tanpa mendapatkan apa-apa dan hanya membuat PC kita menjadi hang? Lebih baik tidak usah.