Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah

Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah – Hari ini saya ingin menunjukan kepada teman-teman semua tentang Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah. Banyak diantara kita yang suka mendownload buku berformat pdf seperti novel, pelajaran, tutorial, dll dari internet namun tak jarang kita menemukan buku atau file pdf yang ukurannya relatif besar sehingga tak hanya memakan ruang melainkan membuat smartphone menjadi lemot saat membuka buku pdf tersebut.

Saat ini orang-orang lebih banyak dan tertarik untuk membaca elektronik book atau buku berbentuk pdf yang didapatkan dari internet. Hal ini disebabkan karena dengan mendownload buku dari internet kita bisa mendapatkannya secara gratis daripada membelinya yang mana ini memakan biaya yang relatif mahal.

Ditambah lagi, kita dapat menyimpan banyak buku ratusan atau bahkan ribuan sekaligus yang tersimpan didalam smartphone dari pada menyimpan buku berbentuk fisik yang akan membuat tas Anda berat untuk membawanya kemana-mana. Tetapi dengan Adanya smartphone kalian bisa membaca berbagai jenis buku kapan saja dan dimana saja dengan berbagai jenis buku yang kalian telah simpan didalamnya.

Meskipun begitu, beberapa orang berpendapat bahwa membaca dari buku langsung itu memiliki nilai tersendiri. Misalnya ada orang yang menjadi lebih fokus membaca melalui buku disebabkan membaca buku melalui smartphone memiliki banyak distraksi seperti pemberitahuan pesan, wa, dll yang mana ini dapat mengganggu konsentrasi saat membaca serta smartphone sejatinya digunakan untuk berkomunikasi sehingga sebagian orang membaca buku lewat smartphone kurang efektif.

Ada juga beberapa orang berpendapat bahwa membaca melalui smartphone itu dapat membuat mata lebih cepat pegal. Namun, bagi yang sudah terbiasa menatap layar smartphone dengan lama pasti hal ini tidaklah menjadi masalah. Jadi membaca dari smartphone dan buku asli sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Baik, untuk itu, mari kita masuk pada tutorial selengkapnya tentang Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah:

Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah

  1. Pertama kalian download dulu aplikasi bernama Kompres File PDF di playstore secara gratis kemudian kalian install dan jalankan.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  2. Selanjutnya kalian klik tombol Open PDF untuk mencari file pdf yang hendak di perkecil ukuran size nya.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  3. Kemudian pilih file pdf yang akan diperkecil ukurannya dan pilih Select.Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  4. Kemudian pada tahap ini, kalian tentukan jenis dari pengkompressan. Ada yang ekstrim, rekomendasi, dan compress sedikit. Saya menyarankan Anda untuk memilih yang recommended compression karena ini adalah jenis kompressan yang ideal. Lalu terakhir jangan lupa tap tombol Compress.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  5. Setelah itu, kalian akan melihat informasi mengenai seberapa besar perubahan ukuran yang akan terjadi setelah file dikompres. Untuk mulai melakukan pengkompresan, silakan kalian tap pada pilihan Save Compressed PDF.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  6. Lalu kalian tunggu beberapa menit hingga proses pengkompresan selesai.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah
  7. Terakhir, silakan kalian tap file yang baru saja di kompres tadi untuk membukanya. Disini kalian dapat membukanya dnengan file pembuka pdf yang kalian sering gunakan. Sekian.
    Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah

Jadi itulah tadi tutorial tentang bagaimana Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah. Jika kalian merasa tulisan diatas bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikannya ke akun media sosial kalian agar semakin banyak orang mengetahui trik Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Android dengan Mudah diatas. Terimakasih.