Cara Memotong Video di HP dan PC dengan Mudah

62 views

Cara Memotong Video di HP dan PC dengan Mudah – Pada kesempatan ini saya akan menunjukan Cara Memotong Video di HP dan Laptop Dengan Mudah.

Di internet, ada banyak aplikasi/software video editor yang kalian bisa gunakan untuk melakukan video cut atau pemotong video.

Nah, ada juga cara yang lebih simple tanpa menginstal aplikasi yang bisa kita coba yaitu potong video online atau online video cutter. Ini adalah cara memotong video yang paling mudah dilakukan.

Berbeda dengan PC dan HP Android, tampaknya cara potong video di iphone tidak semudah seperti memotong video di PC dan Android. Biasanya aplikasi pemotong video untuk iphone tidak tersedia di app store, kalaupun ada pasti berbayar atau tidak gratis.

Untuk para youtuber, memotong video youtube yang telah kalian upload bisa dilakukan langsung melalui channel kalian. Youtube sudah menyediakan fitur pemotong video untuk kalian.

Banyak orang kebingungan bagaimana cara memotong video yang sudah di download dari internet. Entah itu video yang di download dari youtube ataupun dari situs-situs lain.

Padahal, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara memotong video tanpa aplikasi (untuk pengguna smartphone) atau dengan cara memotong video tanpa software (untuk pengguna PC) yang kita kenal dengan cara memotong video secara online.

Seperti yang kita tahu, bahwa salah satu aplikasi pemotong video terbaik dalam urusan cut video khususnya pengguna Android adalah memotong video di vidtrim. Apalagi jika di instal di HP xiaomi, aplikasi ini menjadi aplikasi pemotong video paling ringan.

Untuk PC, software paling populer lain adalah untuk memotong video adalah movie maker, media player classic, atau adobe premiere pro yang lebih lengkap fiturnya. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini selengkapnya cara melakukan pemotongan di HP dan PC

Cara Memotong Video dengan plikasi Vidtrim (untuk HP)

  1. Pertama-tama kalian download aplikasi Vidtrim di playstore. Lalu install dan jalankan.
  2. Lalu akan muncul daftar video yang ada di galeri kalian. Sialakan pilih salah satu video yang akan di potong.
  3. Selanjutnya kalian klik ikon berwarna biru atau ikon gunting dipojok kiri bawah.
  4. Selanjutnya kalian geser dibagian mana start awal pemotongan dan akhir pemotongan. Atur sesuai keinginan Anda. Jika dirasa sudah pas, klik ikon gunting. Setelah itu kalian klik tombol save as new clip. Maka video pun akan tersimpan. Silakan cek digaleri kalian untuk melihat video yang baru saja di cut.

Nah itulah cara memotong video melalui smartphone Android. Selanjutnya kita akan melakukan pemotongan melalui PC. Berkut adalah tutorialnya:

Cara Memotong Video dengan Software Movie Maker (untuk PC)

  1. Pertama-tama kalian download dulu aplikasi Windows Movie Maker di internet. Buka aplikasinya lalu masukan video yang hendak di potong. Klik di mana saja pada timeline video, setelah itu akan muncul garis hitam. Kalian klik kanan pada grais hitam tersebut, lalu pilih Pecah.
  2. Baru saja kita menetapkan titik awal pemotongan, selanjutnya kalian pilih dimana batas titik akhir video yang hendak dipotong. Lakukan cara yang sama seperti diawal, klik dimana saja pada timeline, lalu klik kanan garis hitam lalu pilih pecah. Maka video akan terseleksi.
  3. Jika kita ingin menghilangkan bagian yang disleksi tadi, maka kita klik kanan pada video yang diseleksi tersebut, lalu pilih hilangkan.
  4. Namun, jika justru bagian itu yang diseleksi tadi yang akan diambil, maka klik kanan pada bagian yang tidak diseleksi, lalu klik hilangkan. Maka bagian yang kita ambil hanyalah bagian yang diseleksi saja, selebihnya terhapus semua.

Nah, itulah tadi dua cara memotong video melalui smartphone dan PC. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Saya ucapkan selamat mencoba, semoga berhasil tanpa ada kendala sedikitpun. Terimakasih.