Cara Membuat Status atau Komentar Tulisan Arab di Facebook pada Android

Cara Membuat Status Tulisan Arab di Facebook pada Android – Hari ini saya ingin menunjukan kepada teman-teman bagaimana Cara Membuat Status Tulisan Arab di Facebook. Bahasa Aarab merupakan salah satu bahasa yang begitu populer didunia. Penuturnya sangat banyak apalagi dari negara-negara timur tengah. Biasanya kita tak sengaja melihat konten-konten luar negeri yang kebetulan dari Arab dan rata-rata orang yang memberikan komentar dan deskripsi pada sebuah konten arab membuat kita penasaran tentang apa yang sedang diperbincangkan. Apalagi teman-teman pasti berfikir bagaimana bisa mereka mengetik tulisan-tulisan huruf hijaiyah tersebut sementara di keyboard yang kita tahu hanya menyediakan tulisan alfabet. Tentu ini merupakan persepsi yang sempit, sebab dari dulu negara-negara seperti Jepang, Korea, Thailand, negara timur tengah (Arab), menggunakan tulisan format teks keyboard bahasa mereka sendiri. Itulah sebabnya smartphone telah di lengkapi dengan berbagai opsi format keyboard dari berbagai bahasa di dunia agar pengguna dari negara dan bahasa apa saja dapat dengan mudah mengoperasikan smartphone dalam keperluan komunikasi secara tulisan. Jika kalian sedang belajar bahasa Arab dan menginginkan teks yang kalian buat pada status atau pun komentar ada bahasa Arabnya maka hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengaktifkan keyboard bahasa Arab. Pengaturannya sendiri sebenarnya bukan dari Facebook, melainkan dari pengaturan smartphone kita. Sebenarnya dari dulu sudah disediakan pilihan keyboard bahasa arab di smartphone kita hanya saja karena jarang kita gunakan maka tidak diaktifkan. Untuk mengaktifkannya kita bisa mengakses nya melalui pengaturan. Nah untuk itu, berikut ini selengkapnya bagaimana langkah-langkah Cara Membuat Status Tulisan Arab di Facebook:

Cara Membuat Status Tulisan Arab di Facebook

  1. pertama-tama kalian buka pengaturan. Lalu pilih Bahasa dan Masukan. Jika di versi androdi kalian tidak menemukan opsi ini, coba kalian buka pada pengaturan tambahan.
  2. Lalu kalian pilih Keyboard virtual.
  3. Selanjutnya pilih lagi Gboard.
  4. Lalu pilih Bahasa.
  5. Kemudian klik tombol tambahkan keyboard.
  6. Lalu kalian tambahkan keyboard Arab.
  7. Lalu klik saja tambahkan.
  8. Sekarang coba kalian buka Facebook entah itu melalui aplikasi atau dari website lalu kalian coba saja mengetikan status atau komentar. Pada tombol spasi, coba kalian tap dan tahan selama 2 detik.
  9. Maka akan muncul opsi keyboard seperti ini. Silakan kalian pilih saja Arab.
  10. Maka keyboard kalian pun akan berubah seperti ini. Silakan ketikan status atau komentar kalian dalam bahasa Arab. Jika ingin mengembalikan ke bahasa Indonesia, kalian tinggal tap dan tahan pada tombol spasi lalu ganti ke bahasa Indonesia. Cukup mudah bukan?