Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android

Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android – Setelah kemarin sempat memposting tutorial mengenai Cara Merekam Suara di Laptop atau PC yang Paling Mudah dan Memisahkan Vokal dari lagu (Membuat Lagu Karaoke), maka hari ini saya ingin menunjukan lagi tutorial bagaimana Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android. Jika teman-teman adalah Youtuber atau yang hobi membuat rekaman sendiri, agar suara kalian enak didengar, maka kalian perlu membuat suara dari rekaman Anda menjadi jernih.

Rekaman suara yang jernih akan membuat pendengar mudah memahami apa yang Anda ucapkan. Faktanya, jika dibandingkan antara kualitas video dan kulitas suara, maka kualitas suara justru lebih penting dibandingkan dengan kualitas video. Jika pada video yang Anda buat atau upload di Youtube memiliki rekaman suara yang jelek, maka orang enggan untuk menonton video tersebut hingga selesai. Namun, meskipun kualitas video Anda pas-pasan tetapi memiliki kualitas rekaman suara yang jernih maka orang-orang akan tertarik untuk menonton video Anda hingga selesai. Itu bukan kata-kata saya, melainkan kata si Agung Hapsah (salah satu Youtuber terkenal).

Pada dasarnya rekaman suara yang dihasilkan oleh smartphone Android rata-rata kualitasnya bagus. Sebab, smartphone Android sekarang memiliki kualitas microphone yang bagus. Namun persoalannya, saking bagusnya kualitas microphone smartphone saat ini, tak jarang dapat menangkap juga suara-suarau background yang ada disekitar kita. Hal ini terjadi karena microphone memiliki boost yang tergolong tinggi. Sehingga perlu dilakukan editing sebelum di produksi ke musik rekaman atau dimasukan ke video.

Meskipun kualitas microphone Android juga tergolong bagus, tetapi tidak akan mengalahkan jenis microphone eksternal yang dibeli di toko-toko online. Kita tahu bahwa content creator atau music creator pemula tentu tidak langsung bisa membeli mic-mic seperti yang digunakan di studio rekaman atau bahkan mic seperti yang dimiliki Youtuber-Youtuber terknal. Tetapi, itu semua tidak menghalangi Anda untuk berkarya. Cukup dengan smartphone, kualitas suara yang dihasilkan juga dapat bersaing asalkan kita bisa memaksimalkannya dengan cara diedit. Nah, untuk itu, berikut ini saya akan tunjukan kepada teman-teman semua selengkapnya mengenai Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android.

Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android

  1. Pertama-tama, kalian download aplikasi yang dapat membuat rekaman suara menjadi jernih di Playstore bernama Lexia Audio Editor. Jika sudah, kalian install dan jalankan.
    Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android
  2. Selanjutnya kalian masukan rekaman mp3/wav yang hendak diedit dengan cara menekan Open.
    Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android
  3. Lalu kalian tap pada ikon titik-titik tiga dipojok kanan atas dan Pilih Effects.
    Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android
  4. Kemudian pilih opsi Equalizer / Amplifier.
    Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android
  5. Selanjutnya lakukan penyesuaian dengan mengatur equalizer sesuai selera Anda. Jangan lupa juga untuk menaikan dB agar suara semakin terdengar jelas. Terakhir, tinggal tekan Apply untuk menyimpan.
    Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android

Nah, sekarang kualitas suara tekaman Anda sudah lebih bagus daripada yang sebelumnya. Itulah tadi tutorial mengenai Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android. Jika kalian merasa tutorial mengenai Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android diatas bermanfaat, pastikan kalian share tutorial Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android tersebut ke akun media sosial kalian agar semakin banyak orang yang tahu bagaimana Cara Membuat Rekaman Suara Menjadi Jernih di Android. Sekian dan terimakasih.