Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap

Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap – Setelah kemarin sempat memposting tutorial mengenai Cara Setting Android yang Sering Lag dan Lemot Menjadi Kencang dan Cara Menambah RAM Android yang Hanya Berkapasitas 2 GB, maka kali ini saya akan memposting lagi tutorial mengenai Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap. Melihat spesifiasi smartphone adalah hal yang harus dilakukan saat kita akan membeli sebuah smartphone. Memahami spesifikasi pada smartphone akan memberikan pengetahuan kepada kita tentang apa-apa saja hal yang mampu dilakukan dan yang tidak sanggup dilakukan smarthpne. Setiap smartphone memiliki spek atau spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang berspesifikasi tinggi, sedang, dan rendah. Tentunya, spesifikasi smartphone ini sangat ditentukan oleh harganya. Semakin tinggi harga smartphone maka akan semakin tinggi pula spesifikasinya.

Adapun, apabila kita menggunakan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi, ini memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi atau game berat. Intinya, semakin tinggi spek smartphone akan semakin lancar untuk dioperasikan apalagi dengan kegiatan-kegiatan yang berat. Beberapa orang tidak mengerti tentang bagaimana memahami spesifikasi seingga sering menginstall aplikasi atau game berat di smartphone berspesifikasi rendah. Akibatnya smartphone menjadi kelebihan panas karena beban dari smartphone terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan spesifikasinya.

Misalnya, seorang yang awam mengenai spesifikasi smartphone, membeli HP Android yang ukuran smartphonenya besar karena berfikir bahwa semakin besar ukuran smartphone maka akan semakin bisa diinstali game berat. Nah, padahal, ukuran secara fisik smartphone tidak menentukan kekuatan dari smartphone itu sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasinya, seperti berapa kapasitas RAMnya, processornya, dan grafiknya. Ketiga hal ini adalah komponen yang paling penting untuk diperhatikan agar memenuhi kebutuhan kegiatan yang hendak kita lakukan dismartphone.

Pada dasarnya, apabila kita ingin menginstal game yang berat seperti PUBG, maka kita perlu melihat requirement atau syarat untuk melakukan instalasi game PUBG. Misalnya, PUBG memberi persyaratakan kepada user bahwa smartphone yang boleh diinstali game PUBG adalah memiliki RAM diatas 4GB dengan processor snapdragon 600 keatas. Tujuan dituliskan persyaratan seprti ini agar kita memiliki gambaran bahwa ketika kita mencoba untuk menginstal PUBG di smartphone dibawah persyaratan tadi, maka akan terjadi masalah saat memainkannya. Seperti terjadi delay atau frame saat memainkannya. Inilah mengapa, pada saat membeli smartphone, usahakan disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita membeli smartphone untuk sekedar chattingan atau menggunakan sosial media, maka tidak perlu membeli smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Namun, bila kita membeli smartphone untuk diinstali game berat, maka kalian perlu membeli smartphone berspesifikasi tinggi. Tentunya juga, ini akan merogok kocek yang relatif besar. Nah, sampai sini sudah pahamkan mengenai pentingnya memahami spesifikasi? Untuk itu berikut ini adalah tutorial selengkapnya mengenai Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap:

Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap

  1. Pertama-tama kalian cari di playstore aplikasi bernama CPU Z. Lalu install dan jalankan.
    Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap
  2. Saat kalian membuka aplikasi, maka secara otomatis ia akan mendeteksi perangkat atau hardware yang ada di smartphone kalian. Yang perlu kalian perhatikan pertama disini adalah Clock speed atau kecepatan processor. Semakin tinggi GHznya, maka akan semakin bagus. Kemudian, kalian juga melihat jenis processor yang digunakan seperti Adreno 512. Semakin tinggi angkanya semakin bagus.
    Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap
  3. Kemudian mari kita berpindah pada tab Device. Disini kalian dapat melihat tipe smartphone kalian secara lengkap. Serta, kalian juga dapat melihat besar RAM yang ada dismartphone. Oh iya, intinya disini kalian dapat melihat semua informasi secara detail termasuk besar resolusi layar, dll.
    Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap

Nah, jadi setelah melihat secara mendetail spesifikasi smartphone diatas, mudah-mudahan teman-teman sekarang sudah mampu melihat mana smartphone yang berspek rendah atau yang biasa disebut HP kentang dan yang mana smartphone yang berspek tinggi alias HP sultan, hehe. Nah, jadi itulah Cara Melihat Spesifikasi Smartphone Android Secara Lengkap mudah-mudahn tutorial diatas cukup membantu. Sekian.