Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android dan iOS

61 views

Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android dan iOS – Hari ini saya ingin menunjukan bagaimana Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android dan iOS. Sering kali kita menemui hal-hal unik dan menarik dari smartphone kita. Tentu saja, kita tidak ingin melewatkan momen tersebut. Untuk menyimpan momen tersebut, kita dapat memanfaatkan fitur screenshoot. Screenshoot adalah proses mengambil gambar pada layar smartphone yang sedang aktif saat ini.

Screenshoot dilakukan dari layar yang sedang aktif saat ini bisa jadi berupa website, aplikasi sosial media, dll yang nantinya hasil screenshoot tersebut dapat dibagikan sebagai informasi, tutorial, atau tips dan trik kepada orang lain. Seperti yang kita tahu, di internet, ada banyak sekali informasi penting yang sering kita temui. Ketika ingin menyimpan informasi tersebut, akan memakan waktu apabila kita harus menulisnya satu persatu maka itulah mengapa dicipatakan fitur screenshoot pada setiap smartphone

Melakukan screenshoot di setiap merek smartphone tentu berbeda-beda. Untuk smartphone yang memiliki merek berbeda tetapi ber-OS (sistem operasi) sama, misalnya pada HP Samsung dan Oppo yang ber-OS Android, langkah melakukan screenshoot pada kedua perangkat ini kurang lebih sama. Tetapi untuk smartphone yang berbeda merek dan berbeda OS, cara melakukan screenshootnya berbeda misalnya pada Samsung ber-OS Android dan di Apple ber-OS iOS.

OS (Operating System) adalah perangkat lunak yang dijalankan pada sebuah mesin smartphone/PC. Contohnya Android (Oppo, Vivo, Xiaomi), iOS (Apple), Syimbian (nokia), dan Windows 7, 8, 10 (PC/laptop). Dengan mengetahui jenis-jenis sistem operasi, teman-teman dapat mengerti dan merasakan kelebihan dan kekurangan disetiap sistem operasi. Contoh sederhana yang sering kita lihat, jika kita ingin mendownload sebuah aplikasi, maka pada Android, kita dapat mendownloadnya melalui Google Playstore sedangkan pada iOS layanannya juga berbeda yakni bernama App Store.

Bagi teman-teman yang selama ini menggunakan smartphone Android, lalu tiba-tiba berpindah ke jenis smartphone iOS akan mengalami kesulitan saat melakukan screenshoot karena Android dan iOS punya langkah yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya karena memang, keduanya berasal dari dua perusahaan yang berbeda yakni Google dan Apple. Itulah sering kita denganr terjadi persaingan sengit antara Google dan Apple dalam menciptakanlayanan-layanan baru. Nah, ada juga satu yang perusahaan besar lho, yakni Microsoft. Tapi microsoft jarang memproduksi produk smartphone, mereka lebih condong ke produk-produk laptop dan PC.

Well, disini padahal kita akan membahas cara melakukan screenshoot, tapi sudah merembes kepembahasan mengenai OS. Ini juga bagus kok untuk para pembaca, disamping mengetahui cara melakukan screenshoot juga dapat menambah wawasan tentang yang namanya OS. So, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini tutorial selengkapnya Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android dan iOS:

Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android

Cara 1: Menekan Tombol Power + Volume Bawah sekali.

Cara 2: Menggunakan palm swipe.

Tapi sebelum menggunakan fitur palm swipe seperti ini, kalian perlu mengaktifkan opsi palm swipe screenshoot dismartphone kalian. Caranya sbb: buka Settings=>Adavanced Features=>Motion and Gestures=>Aktfikan Palm swipe to capture.

Cara 3: Menakan tombol Home + Power selama 2 detik

Cara Melakukan Screenshoot pada HP iOS

Cara 1: Menekan tombol Home+Power sekali.

Cara 2: Menekan tombol Volume Up + Power bersamaan sekali (untuk iphone x).

Nah itulah tadi tutorial bagaimana Cara Melakukan Screenshoot pada HP Android dan iOS mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman semua. Pada smartphone Android, cara 1 merupakan cara yang digunakan untuk jenis Android keluaran lama sedangkan cara 2 adalah untuk smartphone keluaran terbaru yang telah memiliki fitur gesture. Sedangkan pada smartphone iOS, cara 1 merupakan cara yang digunakan untuk smartphone iOS keluaran lama seperti iphone 4,5,6 dan 7. Sedangkan Cara 2 untuk iphone keluaran terbaru seperti iphone x yang tak memiliki tombol home fisik.