Cara Buat Passport Khusus Mahasiswa Sesuai Pengalamanku

10 views

Cara Buat Passport Khusus Mahasiswa Sesuai Pengalamanku – Pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial cara buat passport khusus mahasiswa berdasarkan pengalaman ku keluar negeri. Passport adalah salah satu barang yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang ingin bepergian keluar negeri.

Cara Buat Passport Berdasarkan Pengalaman Ku Keluar Negeri

Bentuknya seperti buku kecil dimana halaman depannya terdapat identitas diri kita dan dihalaman-halaman selanjutnya adalah lembaran-lembaran kosong yang nantinya akan di cap oleh tim imigrasi dibandara setiap kali kita kerluar negeri.

Passport ibarat sebuah KTP dimana ini berperan sebagai identitas kita ketika dinegara asing. Tanpa passport, kita dinyatakan sebagai imigran ilegal. Untuk mengantisipasi terjadi sesuatu di negara yang kita kunjungi, sebagai warga asing, kita harus membawa passport kemana pun kita pergi.

Umumnya passport dibutuhkan ketika ingin melewati bagian-bagian imigrasi bandara. Pada saat melakukan penerbangan internatsional, dibandara Soekarno Hatta passport kita akan ditanya begitupun saat baru saja tiba  dibandara disana akan ditanya lagi passport sebagai tiket masuk ke negara tersebut.

Adapun Cara Buat Passport Berdasarkan Pengalaman Ku sebenarnya sangat mudah, selama kalian menyiapkan semua persyaratan yang harus dipenuhi saya yakin pembuatan passport Anda tidak akan mengalami kendala dan proses pembuatannya pun akan cepat. Nah, apa saja syarat pembuatan passport itu, berikut hal-hal yang harus kalian siapkan sesuai pengalamanku waktu melakukan magang di Negara Thailand selama sebulan:

Cara Buat Passport Khusus Mahasiswa Sesuai Pengalamanku

Hal-hal yang Harus Disiapkan

  1. KTP Asli dan Foto Copynya 2 rangkap.
  2. Akta Kelahiran Asli dan Foto copynya 2 rangkap.
  3. Kartu Keluarga Asli dan Foto copynya 2 rangkap
  4. NPWP dan Foto Copynya (Kalau ada).
  5. Ijasah Asli Pendidikan Terakhir dan Foto Copynya.
  6. Surat Rekomendasi dari kampus (Kalau mahasiswa).
  7. Surat yang menyatakan tujuan Anda (kegiatan, acara, volunteer, dll kalau ada)
  8. Bawa uang Rp 500.000 biaya pembuatan
  9. Siap-siap ditanya-tanya mengenai tujuan keluar negeri.

Datang ke Tempat Pembuatan Passport

Nah, itulah hal-hal yang perlu kalian persiapkan. Jika semua sudah lengkap berulah kalian datang ke kantor Imigrasi terdekat yang ada diprovinsi kalian. Ketika hendak masuk ke kantor imigrasi, berpakaianlah dengan rapi dan utarakan maksud dan tujuan Anda saat bertemu pegawai yang ada disana.

Lama Pembuatan Passport

Adapun lama waktu pembuatan adalah 3-4 hari. Pastikan kalian datang disana pada jam kerja yakni pukul 08.00 – 15.00 dihari Senin dan Selasa agar pengambilannya paling lambat hari Jumat. Jika kalian datang melewati hari Selasa, contohnya hari Rabu,  akibatnya passport baru bisa diambil minggu depan. Kalian harus menunggu seminggu lagi. Oh iya, saran saya pastikan kalian juga datang pagi-pagi sekali untuk menghindari antri.

Informasi Tambahan

Visa

Karena kami waktu itu hanya sekitar sebulan di Thailand serta dalam kegiatan education maka kami dibebaskan visa asal tidak melebihi 30 Hari. Lebih dari 30 hari maka kita wajib dikenakan visa. Untuk kalian yang keluar negeri dalam rangka yang berbeda, bisa jadi dikenakan visa.

Asuransi

Pada saat keluar negeri, kami direkomendasikan oleh bagian Kantor Urusan Internasional di kampus kami untuk melakukan pengurusan asuransi. Tujuannya, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan disana, kami dicover oleh asuransi. Asuransi yang dicover adalah asuransi jiwa, selama dibandara, dll. Ada yang mengatakan bahwa asuransi tidak perlu. Karena pertimbangan pertama kali keluar negeri maka kami diharuskan untuk memiliki asuransi. Waktu itu kami mendaftar asuransi di perusahaan Zurich.

Penerbangan Lokal dan Internasional

Satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa penerbangan teridiri dari dua macam, yakni penerbangan lokal dan internasional. Dalam hal ini kalian akan melakukan penerbangan internasional, so ketika di bandara tanyakan kepada petugas bandara bahwa Anda ingin melakukan penerbangan internasional, maka kalian akan diberi tahu disebelah mana terminal keberangkatan internasional.

Jika Passport Hilang

Ibarat kata, bagian imigrasi yang ada di bandara lokal dan bandara negara tujuan adalah pintu gerbang keluar masuk yang harus dilewati setiap kali bepergian. Kehilangan passport sama dengan tidak bisa pulang kembali ke tanah air (jika sekarag berada diluar negeri) atau keluar tanah air (jika sekarang berada didalam negeri).

Maka dari itu, penting sekali menjaga passport agar jangan sampai hilang. Yakin saja, ketika passport hilang memang kita bisa melapor kebagian imigrasi. Akan tetapi, kalian akan kerepotan melakukan pengurusannya. Apalagi ketika kita kehilangan passport dalam kondisi kita berada dinegara orang.

Nah, itulah Cara Buat Passport Khusus Mahasiswa Sesuai Pengalamanku waktu melakukan magang di Thailand tepatnya di kota Bangkok. Mudah-mudahan apa yang saya tulis diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Saya ucapkan selamat mencoba semoga Anda tak ada kendala selama melakukan pembuatan passport.