3 Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook, Pasti Berhasil

87 views

Lupa Kata Sandi Facebook atau lupa password Facebook sering dialami siapa saja yang sudah lama tidak pernah lagi membuka akun Facebook, atau biasanya lupa kata sandi facebook juga sering terjadi pada orang yang baru saja membuat akun Facebook, namun user dan kata sandi login tidak dicatat dan disimpan dengan baik. Akibatnya hanya selang beberapa hari kita sudah lupa kata sandi facebook kita.

Lupa kata sandi Facebook terjadi ketika kata sandi facebook terdiri dari berbagai macam karakter. Seperti kita sangat mudah lupa kata sandi facebook yang terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol, dan juga angka. So, pastikan saat membuat akun baru Facebook, agar tidak lupa kata sandi Facebook lagi gunakanlah kata sandi yang mudah diingat saja. Agar sewaktu-waktu ketika kita ingin login kembali kita tidak kebingungan sendiri untuk mengingat user dan tidak lupa kata sandi Facebook lagi. Jika memang kita salah satu tipe orang pe-lupa kata sandi facebook lebih baik user dan kata sandi dicatat saja dan disimpan dipenyimpanan yang aman dimana hanya kita yang dapat mengaksesnya. Contoh di komputer pribadi datau smartphone.

Mengenai permasalahan lupa kata sandi facebook ini, ada bebearpa hal yang perlu kita garis bawahi bahwa untuk bisa mendapatkan kembali akun Facebook, yaitu  nomor telepon dan email pemulihan  harus tersedia atau kita masih memiliki akses terhadap nomor telepon dan email yang kita gunakan waktu mendaftar di Facebook.

Untuk itu, kita akan melakukan 2 metode untuk mengatasi lupa kata sandi, yakni yang pertama adalah verifikasi email dan yang kedua adalah verifikasi nomor telepon/hp. Simak baik-baik langkah-langkah mengatasi lupa kata sandi Facebook berikut:

1. Verifikasi Email

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, untuk melakukan verifikasi ini, kita harus masih memiliki akses terhadap email yang kita gunakan saat mendaftar pada akun yang kita lupa kata sandi facebook nya. Jika anda sudah tidak memiliki akses lagi dengan email tersebut ata usudah lupa, silahkan skip pada cara yang kedua yaitu verifikasi melalui nomor telephone/hp.

Langkah 1 :


Masukkan email/user anda pada kolom login, lalu klik “Lupa akun?” kemudian centang pilihan yang pertama yakni “Kirimi saya tautan untuk mengatur ulang kata sandi”, lalu klik “Lanjutkan”.

Langkah 2:

Kemudian kita buka email yang terhubung dengan akun yang kita lupa kata sandi Facebook nya, nanti kita akan menerima email baru dari facebok, lalu silahkan dibuka.

Langkah 3:

Setelah kita buka pesan dari Facebook tadi, kita akan melihat kode alternatif yang nantinya akan dimasukan ke kolom kode keamanan. Lalu copy kode tersebut.

Langkah 4:

Paste kode dari email tadi di kolom “Masukan Kode Keamanan”. Lalu klik “Lanjutkan”.

Langkah 5:

Nah, sekarang kita sudah bisa mengatur kembali akun yang kita lupa kata sandi Facebook nya. Buatlah kata sandi facebook yang susah ditebak namun menurut kita itu mudah diingat. Jika sudah, klik “Lanjutkan”. Sekarang kita sudah bisa masuk ke Facebook kita dan gunakan kata sandi yang baru kita masukan setiap kali akan login ke Facebook. Ok kita lanjut pada langkah yang kedua!

2. Verifikasi Nomor Telepon

Ini merupakan cara melakukan pemulihan akun melalui nomor telepon khusus bagi yang suda tidak dapat mengakses email yang terhubung pada akun yang kita lupa kata sandi Facebook nya. Sebelumnya nomor telephone yang kita masukan saat mendaftar di facebook saat ini harus masih bisa diakses. Jika sudah tidak bisa, maka silahkan anda langsung lompat saja pada cara yang 3 yakni dengan menjawab pertanyaan rahasia.
Langkah 1:
Tadi kita memilih reset pasword melalui Email, dan sekarang kita akan melakukan reset kata sandi melalui SMS. Caranya centang pilihan kedua seperti yang terlihat pada gambar lalu klik “Lanjutkan”.
Langkah 2:
Lalu kita akan menerima kode pemulihan dari Facebook. Jika sudah, maka kita masukan kode konfirmasi 6 digit tersebut kedalam kotak “Enter Security Code”. Lalu klik Lanjutkan. Jika berhasil, silahkan atur kembali kata sandi dan akun pun sudah bisa diakses.

3. Menjawab Pertanyaan Rahasia

Jika ternyata Email dan Telepon yang kita gunakan saat mendaftar di Facebook tidak bisa diakses lagi, cara terakhir yang bisa ditempauh adalah menjawab pertanyaan rahasia. Berikut langkah-langkah nya:
Langkah 1:
Klik “Tidak punya akses ke sini lagi”. 
Langkah 2:
Lalu masukan email atau nomor telepon yang bisa anda akses saat ini atau yang anda gunakan sekarang. Jika sudah, klik “Lanjutkan”.
Langkah 3:
Silahkan dijawab pertanyaan diatas. Pertanyaan ini adalah pertanyaan apapun yang kita buat sendiri, dan kita jawab sendiri saat mendaftar email (bukan mendaftar Facebook). Tentu saja, jika kita sendiri yang membuat email pasti kita ingat jawabannya. 
Namun, jika orang lain maka silahkan ditanyakan pada orang yang membuat email jawabannya. Jika kita lupa, cobalah untuk menerka kira-kira apa jawaban pada pertanyaan tersebut. 
Dan jika ternyata kita berhasil menjawab pertanyaan tersebut, maka kita akan diberi pilihan untuk mengatur kembali kata sandi dan bisa masuk kembali pada akun kita.
Dan, jika kita sudah mencoba menebak jawabanya namun tetap salah juga, berarti akun sudah tidak dapat diakses lagi.

Itulah tadi cara bagaimana mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook. Agar tidak terjadi lagi Lupa Kata Sandi Facebook, maka gunakanlah kata sandi facebook yang mudah diingat atau catatlah user dan password Anda dipenyimpanan yang aman.