Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android

Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android – Setelah kemarin sempat memposting artikel tentang Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terdeteksi atau Terbaca dan Tutorial Lengkap Cara Transfer File dari/ke Flashdisk di Android Menggunakan USB OTG, maka hari ini saya akan memposting lagi tutorial mengenai Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android. Kini smartphone Android hampir semua sudah memiliki fitur OTG. Fitur OTG memungkinkan smartphone kita untuk melakukan komunikasi data melalui kabel/converter OTG ke perangkat seperti Flashdisk, keyboard, mouse, dll. Umumnya fitur ini bekerja pada smartphone Android keluaran terbaru diatas tahun 2017-an. Dan ini bisa jadi tidak support apabila Anda masih menggunakan smartphone jadul karena OTG adalah fitur yang baru-baru ini diciptakan.

Langkah mengaktifkan OTG pada setiap smartphone yang berbeda merk sebenarnya hampir sama semua. Selagi perangkat itu masih memiliki perangkat Android, maka cara mengaktifkan OTG pasti tidak berjauh beda atau bahkan ada yang sama persis. Misalnya Cara mengaktifkan OTG di Samsung dan Cara mengaktifkan OTG di HP Oppo pada dasarnya sama tetapi langkahnya hanya berbeda sedikit. Begitupun pada smartphone lain misalnya Vivo, Realme, Xiaomi, dll semua tidak jauh berbeda karena seperti yang kita ketahui bahwa semua merek smartphone tersebut umumnya bersistem operasi Android.

Sebelum mengaktifkan OTG, harus ada dulu perangkat yang akan dihubungkan. Nah, jenis yang perangkat ini ada yang menggunakan kabel USB OTG (Keyboard, mouse, hardisk eksternal) dan ada yang tanpa menggunakan kabel seperti flashdisk OTG. Kemudian jenis penghubung OTG ada yang bertipe converter dan ada yang bertipe kabel. USB OTG adalah jenis OTG yang memiliki kabel, sedangkan yang tanpa menggunakan kabel disebut converter. Paham ya? Apabila kalian bingung, kalian dapat melihat jenis-jenis kabel OTG dan juga perangkat yang dapat terhubung dengan menggunakan OTG. Dengan begitu, kalian akan tahu perbedaan OTG yang memiliki kabel dan yang hanya bertipe converter.

Tentunya dengan adanya fitur OTG ini, pekerjaan dalam hal mengtransfer data akan semakin mudah. Misalnya, dulu menghubungkan antara flashdisk dan juga smartphone itu tidak dapat dilakukan. Nah, semenjak adanya fitur OTG ini lah, flashdisk yang tadinya hanya bisa di colokkan ke PC, kini sudah bisa juga di smartphone Android. Cukup menarik bukan? Kalau begitu, tanpa perlu berpanjang lebar lagi berikut ini selengkapnya tutorial Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android:

Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android

  1. Pertama-tama silakan kalian buka Pengaturan. Lalu kalian cari Pengaturan Tambahan.
    Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android
  2. Setelah itu kalian temukan Koneksi OTG di pilihan paling bawah. Lalu aktifkan dengan cara menggeser titik putih sehingga berwarna hijau. Selesai.
    Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android

Oh iya, sebelum Anda menerapkan langkah diatas, pastikan sambungkan terlebih dahulu smartphone Anda dengan perangkat lain yang akan melakukan komunikasi data. Jadi itulah tadi tutorial mengenai Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android, mudah-mudahan tutorial Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa juga untuk membagikan tutorial Cara Mengaktifkan OTG di Semua Smartphone Android tersebut ke akun sosial media kalian agar semakin banyak orang yang tahu. Terimakasih.